Penerapan Logoterapi untuk Mengurangi Depresi pada Remaja Akibat Kehilangan Orangtua di Desa Kalanganyar Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten

Rohmah, Amalia (2023) Penerapan Logoterapi untuk Mengurangi Depresi pada Remaja Akibat Kehilangan Orangtua di Desa Kalanganyar Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_161340029_Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Teks
S_BKI_161340029_Lampiran Deppan.pdf

Download (795kB)
[img] Teks
S_BKI_161340029_BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Teks
S_BKI_161340029_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (329kB)
[img] Teks
S_BKI_161340029_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (187kB)
[img] Teks
S_BKI_161340029_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_BKI_161340029_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_BKI_161340029_Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB)

Abstrak

Setiap anak remaja pada dasarnya mengharapkan kehidupan yang berjalan dengan baik. Selain kehidupan yang baik setiap anak remaja mengharapkan keluarga yang lengkap dan harmonis, dan keluarga yang lengkap itu terdiri dari ibu, ayah, anak, dan saudara. Tetapi kenyataannya tidak semua orang memiliki keluarga yang lengkap. Banyak sekali orang di dunia ini yang kehilangan orang tua atau keluarga terkasihnya, tentunya itu memberikan dampak yang sangat buruk bagi psikologisnya, kehilangan seseorang yang sangat dicintai merupakan peristiwa yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Dalam kehidupan banyak sekali hal-hal atau kondisi yang tidak bisa dikendalikan oleh individu sebagai manusia biasa. Terutama ketika orang yang kita cintai pergi dan menghilang, baik itu pergi karena keputusannya ataupun pergi karena takdirnya. Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai baerikut: 1). Bagaimana kondisi psikologis anak remaja yang mengalami depresi akibat kehilangan kedua orang tua ? 2). Bagaimana penerapan konseling logoterapi untuk mengurangi depresi pada remaja yang kehilangan kedua orang tua? 3). Bagaimana hasil konseling logoterapi dalam mengurangi depresi akibat kehilangan krdua orang tua ? Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Desa Kalanganyar, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan subjek penelitian 3 orang responden yang mengalami depresi. Adapun ketiga responden tersebut adalah SC (20), AA (19), NH (20). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1). Depresi yang dimiliki dari ke tiga rersponden terdapat gejala ringan dan sedang, dianntaranya memeiliki gangguan tidur dan nafsu makan, rasa cemas yang berlebihan, keputusa asaan dalam menjalani hidup, serta memiliki keinginan untuk melakukan bunuh diri. 2). Penerapan logoterapi untuk mengurangi depresi pada remaja akibat kehilangan orang tua dilakukan dengan lima tahap konseling. Lima tahap konseling logoterapi yaitu: Tahap pertama, pembinaan raport atau tahap perkenalan. Tahap kedua, pengungkapan dan penjajakan masalah. Tahap ketiga, tahap dimana konseli mengungkapkan semua yang dirasakan dan peneliti mencoba mengarahkan konseli untuk bisa menghadapinya. Tahap keempat, tahap dimana konseli dan peneliti menyamakan persepsi terhadap masalah yang dihadapi konseli. Tahap kelima, adalah tahap evaluasi dan penyimpulan. 3). Hasil dari penerapan Logoterapi terhadap ketiga responden sebagai berikut: Responden SC, AA, dan NH setelah melakukan konseling mereka mulai bisa mengikhlaskan orang tuanya. Responden SC dan Responden AA memilih untuk hidup dan bahagia demi mewujudkan cita-citanya menyelesaikan kuliah dan mendidik adiknya menjadi yang berguna.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Logoterapi, depresi, pada remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Okt 2023 02:42
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.