Konseling Islam Individual Melalui Terapi Dzikir Dadang Hawari (Studi di UPTD Perlindungan Sosial Dinas Sosial Provinsi Banten)

Tazkia, Faura (2023) Konseling Islam Individual Melalui Terapi Dzikir Dadang Hawari (Studi di UPTD Perlindungan Sosial Dinas Sosial Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520171_Cover.pdf

Download (220kB)
[img] Teks
S_BKI_191520171_Lampiran Depan.pdf

Download (372kB)
[img] Teks
S_BKI_191520171_BAB I.pdf

Download (668kB)
[img] Teks
S_BKI_191520171_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (798kB)
[img] Teks
S_BKI_191520171_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_BKI_191520171_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (504kB)
[img] Teks
S_BKI_191520171_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_BKI_191520171_Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstrak

Periode lanjut usia merupakan masa penuaan yang ditandai dengan terjadinya kemunduran pada segala aspek yaitu, aspek psikologi, fisik, ekonomi, dan sosial. Kemunduran tersebut terjadi secara bersamaan sehingga, timbul rasa tidak berguna pada lansia dan akan memicu perasaan loneliness (kesepian) pada lansia. Lansia loneliness memunculkan perasaan sedih, rasa keterasingan dan penolakan oleh orang lain, timbul rasa kecemasan, hingga depresi. Loneliness menghasilkan proses fisiologis yang tidak memadai seperti, memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur, sehingga dapat memengaruhi berbagai kondisi kesehatan fisik. Tujuan Penelitian: 1) untuk medeskripsikan kondisi lansia yang mengalami loneliness di UPTD Perlindungan Sosial Dinas Sosial Provinsi Banten, 2) Untuk menerapkan konseling Islam dengan terapi dzikir Dadang Hawari pada lansia loneliness di UPTD Perlindungan Sosial Dinas Sosial Provinsi Banten, 3) Untuk mengetahui perubahan perasaan loneliness pada lansia di UPTD Perlindungan Sosial Dinas Sosial Provinsi Banten pasca melaksanakan konseling Islam individual dengan terapi dzikir Dadang Hawari. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Action Research atau penelitian tindakan, melibatkan antara peneliti dan partisipan dengan teori dan prosedur tertentu. Responden dalam penelitian ini berjumlah 3 orang lansia yang berusia 70 tahun keatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Lansia di UPTD yang menjadi responden dalam penelitian ini mengalami perasaan loneliness. Penyebab loneliness yang dialami ketiga responden lansia dilatarbelakangi oleh keterbatasan mobilitas fisik, perasaan sedih karena merasa tersisih, dan rendahnya kontak sosial. 2) Proses layanan konseling Islam yang diberikan kepada lansia yang mengalami loneliness (kesepian) dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. 3) kondisi responden pasca konseling yaitu, merasa lebih tenang, berpasrah kepada Allah, dan merasakan perubahan positif lainnya. Para lansia loneliness sudah bisa menyesuaikan diri dengan masalahnya, merasakan ketenangan karena sering berdzikir, sehingga perasaan loneliness dapat diminimalisir kemunculannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Islam, Terapi Dzikir, Loneliness
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Okt 2023 07:58
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.