Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon

Humaidah, Aida (2023) Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520178_Cover.pdf

Download (113kB)
[img] Teks
S_BKI_191520178_Lampiran Depan.pdf

Download (574kB)
[img] Teks
S_BKI_191520178_BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Teks
S_BKI_191520178_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (324kB)
[img] Teks
S_BKI_191520178_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (503kB)
[img] Teks
S_BKI_191520178_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (402kB)
[img] Teks
S_BKI_191520178_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_BKI_191520178_Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstrak

Fenomena Prokrastinasi akademik sering terjadi dikalangan pelajar, penundaan dalam pengerjaan tugas adalah salah satu bentuk dari perilaku prokrastinasi akademik. Tentunya hal tersebut memiliki dampak yang kurang baik jika terus dilakukan. Dalam hal ini, perlu adanya pencegahan dalam upaya mengurangi prokrastinasi akademik yang dilakukan. Bimbingan kelompok adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi prokrastinasi akademik santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah perilaku prokrastinasi akademik santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok? 2) Bagaimanakah perilaku prokrastinasi akademik santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok? 3) Apakah bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perilaku prokrastinasi akademik santri sebelum diberikannya layanan bimbingan kelompok di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon. 2) Untuk Mengetahui perilaku prokrastinasi akademik sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon. 3) Untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif-eksperimen dengan model pretest-postest one group design dengan satu perlakuan (treatment). Dara dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji wilcoxon signed rank test dengan bantuan SPSS for windows versi 25. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2023 hingga Juni 2023, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 7 orang santri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perilaku prokrastinasi akademik santri di Pondok pesantren Al Fath Cilegon sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 63,14. 2) Perilaku prokrastinasi akademik santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berada dikategori rendah dengan rata-rata skor 52,71. Berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui bahwa 3) Adanya perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik santri di Pondok Pesantren Al Fath Cilegon, dengan nilai Asyim.sig (2-tailed) bernilai 0,018 karena nilai 0,018 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Hα diterima.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan kelompok, prokrastinasi akademik, santri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Okt 2023 03:48
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.