Azhim, Ahmad Fauzan (2023) Sistem Manajemen Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kitab Ta’limul Muta’allim. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250078_Cover.pdf Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250078_Lampiran Depan.pdf Download (832kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250078_BAB I.pdf Download (364kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250078_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (276kB) |
||
Teks
S_MPI_181250078_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (272kB) |
||
Teks
S_MPI_181250078_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (859kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250078_BAB V.pdf Download (128kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250078_Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter-karakter yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim, mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter dalam perspektif Islam, dan mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim dengan manejemen pembelajaran di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research), mencari sumber relevan sesuai dengan topik pembahasan seperti buku, artikel, jurnal dan dokumentasi lainnya. Teknik analisis ringkas, dan menganalisis isi literatur yang relevan sehingga menjadi paragraf ilmiah. Hasil penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai pendidikan karakter perspektif kitab Ta’limul Muta’allim yaitu, memiliki niat yang baik, musyawarah, rasa hormat, sabar dan tabah, kerja keras, menyantuni diri, bercita-cita tinggi, sederhana, saling menasehati, dan tawakal yang bertujuan membentuk perilaku yang beradab dan berakhlak terhadap guru dan ilmunya sehingga ilmu yang di dapat bermanfaat bagi dirinya. 2) Manajemen pendidikan karakter perspektif Islam merupakan implementasi fungsi-fungsi manajemen agar sesuai dengan karakter bangsa dan agama sebagai usaha membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dengan memanfaatkan unsur-unsur manajemen secara efektif dan efisien. 3) Relevansi nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim dengan pendidikan karakter mengandung penanaman nilai-nilai yang meliputi karakter religius, disiplin, tanggung jawab, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, toleransi, jujur, demokratis, menghargai prestasi dan peduli sosial.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter perspektif Kitab |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Okt 2023 07:56 |
Perubahan Terakhir: | 05 Okt 2023 07:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13403 |
Actions (login required)
Lihat Item |