Pembinaan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Peserta Didik Melalui Program Ekstrakurikuler Risma (Studi Di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Tanjung Kp. Cipantun. Ds. Mekar jaya. Kec. Bojonegara)

Rohmawati, Siti (2023) Pembinaan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Peserta Didik Melalui Program Ekstrakurikuler Risma (Studi Di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Tanjung Kp. Cipantun. Ds. Mekar jaya. Kec. Bojonegara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210175_Cover.pdf

Download (144kB)
[img] Teks
S_PAI_171210175_Lampiran Depan.pdf

Download (744kB)
[img] Teks
S_PAI_171210175_BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Teks
S_PAI_171210175_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (399kB)
[img] Teks
S_PAI_171210175_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (200kB)
[img] Teks
S_PAI_171210175_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (182kB)
[img] Teks
S_PAI_171210175_BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Teks
S_PAI_171210175_Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstrak

Pembinaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Pendidikan akhlak adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk membimbing dan mengarahkan seseorang untuk mencapai tingkah laku yang mulia (baik) dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Penelitian ini membahas tentang pembinaan nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik (Risma di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Tanjung tahun ajaran 2020/2021). Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap kedisplinan peserta didik, akhlak terhadap sesama teman dan akhlak terhadap guru. Penelitian ini maksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah implementasi pembinaan nilai-nilai Pendidikan akhlak di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Tanjung? (2) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi kendala dan pendukung dalam pembinaan nilai-nilai Pendidikan akhlak di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Tanjung? (3) Bagaimana dampak dari pembinaan nilai-nilai Pendidikan akhlak di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah Tanjung? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian pendeketan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Tanjung, Adapun data-datanya diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Seorang guru dalam pembinaan pendidikan akhlak yaitu menjadi contoh pertama untuk siswa di lingkungan madrasah, dan dalam pembinaan akhlak sendiri sudah menjadi tanggung jawab dari setiap pendidik untuk membina akhlak siswa. Faktor pendukung dari pembinaan nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu: Adanya visi misi yang jelas dan dijadikan acuan dalam pembinaan nilai-nilai pendidikan akhlak, adanya komitmen yang tinggi dari kepala sekolah, para guru, dan para staf, dan Manajemen yang baik dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: pelaksanaan pembinaan sikap disiplin, Masih ada beberapa tenaga pendidik yang belum berprofesional, dan Masih ada siswa yang tidak serius dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembinaan, nilai-nilai pendidikan akhlak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Okt 2023 04:15
Perubahan Terakhir: 05 Okt 2023 04:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13400

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.