Nugraha, Aziz (2023) Relevansi Kegiatan Dzikir Pagi Dan Petang Terhadap Motivasi Beribadah (Studi Kasus di MTs Malnu Rancabiluk Kecamatan Banjarsari). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210120_Cover.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210120_Lampiran Depan.pdf Download (881kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210120_BAB I.pdf Download (237kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210120_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (470kB) |
||
Teks
S_PAI_171210120_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (18kB) |
||
Teks
S_PAI_171210120_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (340kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210120_BAB V.pdf Download (68kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210120_Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak sebagaimana diuraikan dalam kitab Adab al-'Alim wa al-Muta'allim oleh KH. Hasyim Asy'ari, untuk mengetahui nila i pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Adab Asy'ari Adabul 'Alim Wal Muta'allim oleh KH. Muhammad Hasyim dan untuk membandingkan dan mengkontraskan nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kitab Adab al'Alim Wal Muta'allim oleh KH. Muhammad Hasyim dengan Pendidikan Agama Islam. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami pendidikan akhlak dan untuk menjadi pribadi yang lebih bermoral melalui belajar akhlak yang sesuai dengan aturan agama Islam peneliti serta dapat menambah wawasan dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa, guru, lembaga pendidikan, pembaca dan penelitian selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam k itab karya KH. Hasyim Asy'ari yang dijelaskan mulai bab kedua sampai bab ke delapan. Nilai- nilai pendidikan Akhlak dalam kitab Adab al-'Alim wa al-Muta'allim karya KH. Hasyim Asy’ari dibagi menjadi dua yaitu nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pelajar dan nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pengajar. Adapun nilai -nilai pendidikan akhlak bagi pelajar meliputi nilai pendidikan akhlak bagi pelajar terhadap dirinya sendiri, terhadap pengajarnya, ketika proses pembelajaran dan terhadap kitabnya. Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pengajar meliputi nilai pendidikan akhlak bagi pengajar terhadap dirinya sendiri, terhadap pelajarannya dan terhadap pelajaranya. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah temuan dan paparan dalam kitab Adab al-'Alim wa al-Muta'allim mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak sangatlah relavan dengan pembelajaran pada pendidikan agama Islam saat ini. Dimana dalam pendidikan agama Islam pendidikan akhlak merupakan salah satu yang terpenting. Sebagaimana tujuan pendidikan Islam yaitu mengarahkan kepada pembentukan kepribadian manusia, pada tujuan yang ideal perspektif yang Islami.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Relevansi Kegiatan Dzikir Pagi Dan Petang Terhadap Motivasi Beribadah |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Okt 2023 04:02 |
Perubahan Terakhir: | 05 Okt 2023 04:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13399 |
Actions (login required)
Lihat Item |