Efektivitas Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Bahasa Anak (di Ra An-Nuur Caringin Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten)

Yulistia, Wida (2023) Efektivitas Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Bahasa Anak (di Ra An-Nuur Caringin Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260016_Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260016_Lampiran Depan.pdf

Download (645kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260016_BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (389kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (437kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (815kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260016_BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260016_Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB)

Abstrak

Latar belakang diangkatnya penelitian ini ialah dikarenakan keterbatasan atau ketidak mampuan anak dalam menggunakan simbol linguistik untuk berkomunikasi secara verbal atau keterlambatan kemampuan perkembangan bicara dan bahasa anak sesuai kelompok umur. apabila perkembangan bahasa anak tidak sesuai perkembangannya atau anak mengalami kesulitan, maka hal tersebut akan menjadi masalah di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui bagaimana perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita di RA An-Nuur Caringin, mengetahui penerapan metode bercerita di RA An-Nuur Caringin. Analisi dalam metode penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini di lakukan di RA An-Nuur Caringin Pandeglang Banten. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan uji keabsahan data dengan tri angulasi data. Hasil dari penelitian ini: Kemampuan berbahasa anak dari 12 murid kelas B ada sekitar 4 orang anak yang kurang memenuhi indikator perkembangan bahasa yang baik. Hasil dari metode bercerita murid-murid di sekolah sudah mampu memahami dan menelaah cerita agar saat sesi tanya jawab anak mampu berani untuk menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali ualasan dari cerita yang telah di ceritakan. Dengan sesi tanya jawab ataupun anak belajar berbicara untuk menjelaskan ulasan cerita tersebut mampu melatih keberanian anak anak dalam berbicara dan menyampaikan pendapatnya, mengerti setiap perintah guru, sudah mampu mengetahui macam-macam suara di sekitar, mengenal tokoh cerita ketika bercerita, sudah mampu menjawab ketika di tanya nama, dan sudah mulai mampu menjawab ketika ditanya alamat rumah. Anak-anak juga sudah mulai mampu berinisiatif untuk memulai percakapan, walaupun belum sepenuhnya semua murid mampu, masih ada beberapa murid yang kurang inisiatif memperluas percakapan dan hanya menjawab apa yang ditanya saja. Pengetahuan anak-anak tentang huruf seperti simbol huruf, huruf awal, dan menuliskan huruf berkembang cukup baik karena saat pengamatan masih ada anak yang masih belum begitu mengenal keseluruhan huruf dan ada beberapa anak yang masih terbata-bata dalam mengenal huruf. Penerapan metode bercerita di RA An-Nuur Caringin dilakukan dengan baik oleh guru di sekolah tersebut. Guru juga selalu berupaya untuk setiap proses pembelajaran yang menggunakan metode bercerita berjalan dengan baik. Guru berupaya agar cerita yang di sampaikan dapat menarik perhatian dan anak mampu fokus dalam proses bercerita dengan posisi duduk yang melingkar, membuat perjanjian agar tertib, dan melakukan ice breaking sebelum bercerita dimulai. Bercerita merupakan salah satu metode belajar yang tidak membosankan dan menarik bagi anak. Anak hanya perlu mendengarkan, melihat dan menelaah dari setiap cerita yang di sampaikan oleh guru.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, Perkembangan Bahasa, Anak, Metode Bercerita
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Okt 2023 02:34
Perubahan Terakhir: 05 Okt 2023 02:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13394

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.