Strategi Komunikasi Radio dalam Mempertahankan Program Siaran Dakwah (Studi pada Program Siaran “Siraman Rohani Angkasa” di Radio Swara Angkasa Pandeglang)

Riani, Riani (2023) Strategi Komunikasi Radio dalam Mempertahankan Program Siaran Dakwah (Studi pada Program Siaran “Siraman Rohani Angkasa” di Radio Swara Angkasa Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510123_Cover.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_KPI_191510123_Lampiran Depan.pdf

Download (566kB)
[img] Teks
S_KPI_191510123_BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
S_KPI_191510123_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (464kB)
[img] Teks
S_KPI_191510123_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (183kB)
[img] Teks
S_KPI_191510123_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (583kB)
[img] Teks
S_KPI_191510123_BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Teks
S_KPI_191510123_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstrak

Radio adalah salah satu media untuk berkomunikasi juga merupakan buah perkembangan teknologi yang memungkinkan suara ditransmisikan secara serempak melalui gelombang radio di udara. Sejak awal pemunculannya, radio telah menjadi media komunikasi massa yang powerfull. Radio juga digunakan sebagai media untuk berdakwah. Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi serta dengan segala perubahan ini, ditambah munculnya media-media baru seperti internet, dan media digital lainnya yang membuat peran radio sebagai media komunikasi massa semakin berkurang peminatnya. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi Angkasa Radio dalam mempertahankan program siaran dakwah “Siraman Rohani Angkasa” 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mempertahankan program siaran dakwah “Siraman Rohani Angkasa”. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi Angkasa Radio dalam mempertahankan program siaran dakwah “Siraman Rohani Angkasa”. 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam mempertahankan program siaran dakwah “Siraman Rohani Angkasa”. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan cara field reasearch atau studi lapangan. Dengan teknik pengumpulan data yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi radio dalam mempertahankan program siaran dakwah yaitu dengan menggunakan teknik informatif, teknik persuasif dan teknik edukatif. Adapun faktor penghambatnya yaitu ada pada masalah teknis dan cuaca buruk. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu radio Angkasa memiliki pengisi acara yang profesional, pendengar yang masih aktif, faktor lingkungan yang mendukung, adanya sponsor atau iklan yang masuk, serta konsistensi dalam menjalankan setiap program acara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, Radio, Dakwah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Okt 2023 03:33
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.