Analisis Isi Pesan Dakwah dan Politik dalam Novel “Entrok” Karya Okky Madasari

Mahbub, Nur Tasya Salsabila (2023) Analisis Isi Pesan Dakwah dan Politik dalam Novel “Entrok” Karya Okky Madasari. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510106_Cover.pdf

Download (253kB)
[img] Teks
S_KPI_191510106_Lampiran Depan.pdf

Download (572kB)
[img] Teks
S_KPI_191510106_BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Teks
S_KPI_191510106_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (517kB)
[img] Teks
S_KPI_191510106_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (284kB)
[img] Teks
S_KPI_191510106_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (446kB)
[img] Teks
S_KPI_191510106_BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
S_KPI_191510106_Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstrak

Karya tulis dalam bentuk novel, majalah, komik dan sebagainya memiliki sebuah pesan, tak terkecuali dengan karya tulis berupa novel yang didalamnya terkandung nilai kehidupan, baik dalam nilai dakwah, maupun nilai moral yang dapat menjadikan cerminan kehidupan di dunia nyata. Novel “Entrok” karya Okky Madasari memuat pesan dakwah yang menceritakan tentang perbedaan keyakinan dan toleransi agama antara ibu dan anak juga pesan politik propaganda yang terjadi pada masa Orde Baru dimana kekuasaan pemeritah yang dijalankan dengan pola pola militer. Berdasarkan rumusan masalah diatas peneliti merumuskan masalah 1) Bagaimana pesan dakwah dalam Novel “Entrok” karya Okky Madasari 2) Bagaimana pesan politik dalam Novel “Entrok” karya Okky Madasari. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pesan dakwah dalam yang terdapat dalam Novel “Entrok” karya Okky Madasari 2) Untuk mengetahui pesan politik yang terdapat dalam novel “Entrok karya Okky Madasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan pustaka, dokumen, arsip dan lain sebagainya dengan kata lain metode penelitian ini tidak menuntut untuk terjun ke lapangan melihat fakta langsung sebagai adanya. Penelitian ini memperoleh berbagai hasil temuan diantaranya bahwa: 1) Pesan dakwah yang terdapat dalam Novel “Entrok” karya Okky Madasari terdiri dari Pesan Aqidah tentang Marni yang memiliki keyakinan kepada leluhurnya dan hal itu tentu menentang aqidah Allah. selain pesan aqidah terdapat pula Pesan Syariah yang timbul disetiap kehidupan Marni maupun Rahayu, juga pesan akhlak yang terjadi didalam novel ini lebih banyak memunculkan ketidak sesuaian akhlak terhadap sesama manusia. 2) Pesan politik propaganda yang terdapat dalam Novel “Entrok” karya Okky Madasari menggunakan beberapa teknik dalam menyampaikan pesan propagandanya yakni teknik name calling dengan mencap buruk orang orang yang tidak mau mengikuti aturan pemerintah,teknik glittering generalities yaitu dengan menggunakan kalimat yang bijak agar terlihat seolah olah baik, teknik transfer dengan menggunakan kekuasaan agar dapat dipatuhi, teknik testimonials yakni testimoni dari orang yang dihormati, teknik card stacking mempengaruhi orang dengan terpaku pada hal hal yang baik saja, teknik banwagon technique yaitu dengan mempengaruhi dengan melihat kejayaan orang lain, dan teknik using all forms of persuations yakni dengan membujuk orang lain dengan iming iming.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Isi, Novel, Pesan Dakwah, Pesan Politik
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Okt 2023 07:50
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13365

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.