Praktik Sistem Retur Dengan Biaya Tambahan Dalam Jual Beli Pakaian Menurut Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Toko Bob Collection Kota Serang)

Suhati, Suhati (2023) Praktik Sistem Retur Dengan Biaya Tambahan Dalam Jual Beli Pakaian Menurut Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Toko Bob Collection Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130165_Cover.pdf

Download (203kB)
[img] Teks
S_HES_181130165_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_181130165_BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Teks
S_HES_181130165_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (196kB)
[img] Teks
S_HES_181130165_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (553kB)
[img] Teks
S_HES_181130165_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (614kB)
[img] Teks
S_HES_181130165_BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Teks
S_HES_181130165_Daftar Pustaka.pdf

Download (567kB)

Abstrak

Muamalat adalah tukar menukar barang atau sesuatu yang memberi manfaat dengan cara ditentukan, seperti jual beli, sewa-menyewa, gadai, dan sejenisnya. Dalam bermuamalah salah satunya masalah sistem retur pada jual beli sering dilakukan tidak sesuai dengan syariat Islam sehingga hak-hak customer tidak terpenuhi. Rumusan masalah penelitinnya adalah: 1. Bagaimana praktik sistem retur dengan biaya tambahan dalam jual beli pakaian di Toko Bob Collection Kota Serang? 2. Bagaimana pandangan fikih muamalah terhadap praktik sistem retur dengan biaya tambahan dalam jual beli pakaian di Toko Bob Collection Kota Serang? Tujuan penelitiannya adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana praktik sistem retur dengan biaya tambahan dalam jual beli pakaian di Toko Bob Collection Kota Serang, 2. Untuk mengetahui bagaimana perspektif fikih muamalah terhadap praktik sistem retur dengan biaya tambahan dalam jual beli pakaian di Toko Bob Collection Kota Serang. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kualitatif yang bersifat lapangan (field research). Dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dan teknik pengumpulan data penulis peroleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Praktik sistem retur jual beli pakaian dengan biaya tambahan di Toko Bob Collection Kota Serang termasuk dalam hak khiyar jual beli dalam Islam. Dalam jual beli ada yang namanya hak khiyar, praktik sistem retur yang dilakukan oleh toko bob collection bahwa pihak toko menerima kembali barang karena terdapat cacat yang tersembunyi. Pihak toko mempunyai ketentuan dan syarat dalam pengembalian barang yaitu pembeli harus membawa nota, saat meretur barang tidak lebih dari dua hari pengembalian, barang yang di retur akan diganti dengan barang yang baru yang sejenis dan adanya tambahan biaya. 2. Pandangan fikih muamalah terhadap praktik sistem retur dengan biaya tambahan dalam jual beli pakaian di Toko Bob Collection Kota Serang tersebut bahwa menurut Ulama Syafi’iyah dan Malikiyah seluruh cacat yang menyebabkan nilai barang berkurang atau hilang unsur yang diinginkan dari objek tersebut seperti baju yang sempit boleh melakukan khiyar. Dalam hukum Islam jual beli pakaian dengan di retur jika ada cacat pada barang yang dibeli diperbolehkan namun dalam tambahan biaya yang ditetapkan oleh penjual bob collection sebaiknya diberitahukan pada awal akad saat transaksi jual beli tersebut dilakukan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Praktik Retur, Jual Beli Pakaian, Perspektif Fikih Muamalah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Okt 2023 06:29
Perubahan Terakhir: 03 Okt 2023 06:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.