Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw: Kajian Naskah Khutbah Israk Dan Mikraj Nabi Muhammad Saw Salinan Buya Haji Imam Abdul Salam

Fitria, Malyya Azizah Nur (2023) Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw: Kajian Naskah Khutbah Israk Dan Mikraj Nabi Muhammad Saw Salinan Buya Haji Imam Abdul Salam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_191350004_Cover.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_SPI_191350004_Lampiran Depan.pdf

Download (803kB)
[img] Teks
S_SPI_191350004_BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Teks
S_SPI_191350004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_SPI_191350004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (559kB)
[img] Teks
S_SPI_191350004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (628kB)
[img] Teks
S_SPI_191350004_BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_SPI_191350004_Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)

Abstrak

Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam banyak ditulis dalam sumber-sumber sejarah dalam berbagai macam bahasa. Salah satunya di Indonesia yang menggunakan berbagai macam bahasa diantaranya bahasa Indonesia, bahasa melayu, sunda, dan jawa. Tulisan tersebut dituangkan dalam bentuk buku ataupun naskah. Naskah memiliki banyak informasi dan pengetahuan berbeda dengan peninggalan lain yang ditemukan di Indonesia sebab naskah disajikan dalam bentuk teks yang di dalamnya mengandung berbagai informasi sejarah, kebudayaan maupun kisah tokoh yang paling berpengaruh dalam suatu daerah maupun kisah tokoh dunia. Salah satunya yaitu kisah Isra’ Mi’raj Nabi Muhamamd Saw dalam Naskah Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhamma Saw, yang tersimpan di dalam web British Library Endangered Archives Programme, saat ini naskah asli berada di Surau Taram (Tuo Taram). Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Identifikasi, Pedomaan Translitersi dan Kritik Teks, Edisi Teks dan Terjemahan Naskah? (2) Bagaimana Kisah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw dalam Naskah Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhammad Saw? (3) Bagaimana Analisis Isi Naskah Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhammad Saw? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: (1) Mengetahui Identifikasi, Pedomaan Translitersi dan Kritik Teks, Edisi Teks dan Terjemahan Naskah (2) Mengetahui Kisah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw dalam Naskah Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhammad Saw (3) Mengetahui Analisis Isi Naskah Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhammad Saw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode filologi dan pendekatan sejarah. Tahapan dari metode filologi meliputi: inventarisasi naskah, deskripsi naskah, transliterasi teks, edisi teks, terjemah teks, dan analisis isi. Hasil dari pembahasan skripsi ini yaitu bahwa Naskah Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhammad Saw merupakan naskah pertama yang membahas tentang Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad Saw di Sumatra Barat yang menggunakan aksara Jawi (Arab-Melayu). Adapun bentuk kesalahan yang ditemukan pada saat proses kritik teks yaitu berupa kesalahan substitusi, adisi, lakuna, ditografi dan hiplografi. Isi teks Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhammad Saw mengkisahkan Malaikat Jibril dan Mikail Menemui Nabi Muhammad Saw Pada Sisi Bait di Hijir sampai Nabi berangkat dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan melihat alam misal (yang tidak terindra). Kontekstualisasi isi teks Khutbah Israk dan Mikraj Nabi Muhammad terbagi menjadi dua yaitu kontekstualisasi dalam sejarah dan kebudayaan. Nilai yang tekandung dalam peristiwa Isra’ dan Mi’raj adalah nilai sosial, ritual dan spiritual.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Isra’ Mi’raj, Khutbah Israk dan Mikraj, Kajian Filologi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Okt 2023 07:40
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2023 07:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.