Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah SDIT Ibadurrahman Ciruas

Ruslana, Tiya Ayu (2023) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah SDIT Ibadurrahman Ciruas. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_172041029_COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Teks
T_MPI_172041029_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (641kB)
[img] Teks
T_MPI_172041029_BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Teks
T_MPI_172041029_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (527kB)
[img] Teks
T_MPI_172041029_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
T_MPI_172041029_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (225kB)
[img] Teks
T_MPI_172041029_BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
T_MPI_172041029_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstrak

Pendidikan pada hakikatnya adalah proses pematangan kualitas hidup. Dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan salah satunya dengan program Manajemen Berbasis Sekolah sebagai langkah menyelenggarakan pelayanan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan mutu sekolah dengan Manajemen Berbasis Sekolah di SDIT Ibadurrahman Ciruas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di SDIT Ibadurrahman Ciruas dalam proses perencanaan, pelaksanaannya serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, dan menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan/observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan mutu di SDIT Ibadurrahman Ciruas dengan menggunakan manajemen berbasis sekolah dalam perencaannya membuat program sudah berjalan dengan baik, perencaan dibuat sesuai keadaan dan kemampuan sekolah. Pada pelaksanaan manajemen berbasis sekolah sudah berajalan dengan baik walaupun masih terdapat beberapa kendala, sehingga adanya keterlambatan pada satu program yang dilaksanakan. Faktor hambatan itu datang dari keterbatasan pengetahuan guru pada bidang IT, beberapa guru yang kurang disiplin, sarana lapangan sekolah yang kurang memadai, serta adanya miskomunikasi antara orang tua dan guru. Kontribusi pemikiran dari penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada seluruh stakeholder yang ada di SDIT Ibadurrahman Ciruas, dan lembaga pendidikan dan budaya di Kecamatan Ciruas agar peningkatan mutu dengan berbasis manajemen sekolah bisa lebih ditingkatkan lagi dan menjadi model sekolah untuk pendidikan dasar di Kecamatan Ciruas. Sehingga dimasa mendatang SDIT Ibadurrahman Ciruas lebih maju dan mempertahankan eksistensinya dalam dunia pendidikan serta mampu bersaing dengan Sekolah Islam Terpadu lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 29 Sep 2023 04:06
Perubahan Terakhir: 29 Sep 2023 04:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.