Aprilita, Nijma (2023) Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Slow Learner Di Kelas Inklusi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240102_Cover.pdf Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240102_Lampiran Depan.pdf Download (497kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240102_BAB I.pdf Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240102_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (347kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240102_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (140kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240102_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (415kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240102_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240102_Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi mengenai pembelajaran tematik yang diterapkan pada siswa slow learner di Sekolah Inklusi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik pada siswa slow learner di sekolah inklusi yaitu : 1) pada tahap perencanaan aktivitasnya meliputi Menyusun perangkat pembelajaram dan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran seperti kalender akademik, kalender program anak berkebutuhan khusus, RPP, media dan pembelajaran, rencana penilaian anak slow learner. 2) pada tahap pelaksanaan implementasi pembelajaran tematik pada siswa slow learner di sekolah inklusi sudah berjalan dengan baik sehingga penerapan pembelajaran sesuai dengan kondisi yang terjadi pada siswa slow learner. 3) pada tahap evaluasi pembelajaran di kelasnya meliputi penilaian secara formatif dan sumatif. Penilaian yang diberikan pada anak slow learner berbeda dengan yang lainnya. Pembelajaran tematik yang diberikan pada siswa slow learner di sekolah inklusi dapat memudahkan pemahaman materi dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan menjadi satu tema sehingga manfaat dari kegiatan pembelajaran tematik dirasakan secara langsung. Anak slow learner juga dapat merasakan kegiatan pembelajaran bersama teman sebayanya yang normal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Inklusi, slow learner¸ pembelajaran tematik |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Sep 2023 03:33 |
Perubahan Terakhir: | 29 Sep 2023 03:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13337 |
Actions (login required)
Lihat Item |