Mustika, Maya (2023) Pengembangan LKPD Game Edukatif Berbasis teknologi Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Di Sekolah Dasar, pada pelajaran IPA Materi Ekosistem, (R&D di Kelas V SD Negeri Gelam 1). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240108_Cover.pdf Download (27kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240108_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240108_BAB I.pdf Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240108_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (211kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240108_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (373kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240108_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (356kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240108_BAB V.pdf Download (9kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240108_Daftar Pustaka.pdf Download (134kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kelayakan media game eduktif berbasis teknologi di SD Negeri Gelam 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan modifikasi model ADDIE yang dilakukan hingga pada langkah ke lima, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Modifikasi ini dilakukan karena terbatasan waktu, biaya, dan tenaga. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa media game edukatif berbasis teknologi pada pembelajaran IPA. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemanfaatan, dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Dari data yang diperoleh 1) validasi media game edukatif mendapatkan skor 92,5% dan 87,5% dengan kategori “Sangat Layak”, 2) validasi materi mendapatkan skor 97,5% dan 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”, 3) mendapatkan skor validasi guru kelas V 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”, Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 27 siswa dengan nilai rata-rata 94,2 dengan kategori “Sangat Baik”. Dan hasil respon siswa mencapai skor 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media game edukatif bebrasis teknologi layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi ekosistem.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Game Edukatif Berbasis Teknologi, Ilmu Pengentahuan Alam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Sep 2023 02:53 |
Perubahan Terakhir: | 29 Sep 2023 02:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13334 |
Actions (login required)
Lihat Item |