Pendekatan Behavioral untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Anak dari Pelaku Tindak Kriminal (Studi Kasus di Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Banten)

Meinanda, Asri Dwi (2023) Pendekatan Behavioral untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Anak dari Pelaku Tindak Kriminal (Studi Kasus di Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_153400559_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_BKI_153400559_Lampiran Depan.pdf

Download (526kB)
[img] Teks
S_BKI_153400559_BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Teks
S_BKI_153400559_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_BKI_153400559_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (231kB)
[img] Teks
S_BKI_153400559_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (272kB)
[img] Teks
S_BKI_153400559_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_BKI_153400559_Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstrak

Masa anak-anak akhir dan masa remaja adalah masa di mana seorang anak telah mengenal dunia berkelompok. Popularitas, penerimaan sosial dan penolakan menjadi hal yang diperhatikan oleh anak pada dunia kelompoknya. Kondisi yang terjadi dalam keluarganya, yang mana salah satu dari kedua orang tua melakukan tindak kriminal akan menjadi sebuah penilaian untuk dapat diterima atau ditolak dalam kelompok sosialnya. Jika penilaian dalam kelompok sosialnya buruk, maka akan menjadi pemicu menurunnya rasa percaya diri dalam diri anak tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apa saja kondisi psikologis yang mempengaruhi penurunan rasa percaya diri pada anak dari pelaku tindak kriminal? (2) Bagaimana efektivitas pendekatan behavioral untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak dari pelaku tindak kriminal? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi psikologis yang dapat menurunkan rasa percaya diri pada anak dari pelaku tindak kriminal. (2) Untuk mengetahui efektivitas pendekatan behavioral dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak dari pelaku tindak kriminal. Penelitian ini dilaksanakan di rumah responden, di bawah pengawasan Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan penelitian tindakan. Cara pengambilan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dengan cara mengorganisasikan data ke dalam unit bab dan sub bab penelitian sehingga penulis mencapai kesimpulan yang mudah diterima. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kondisi psikologis pada anak dari pelaku tindak kriminal, yaitu sedih, sulit mengungkapkan perasaan dan takut. (2) Efektivitas pendekatan behavioral untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak dari pelaku tindak kriminal. Peneliti menggunakan pendekatan behavioral dengan teknik latihan asertif dan home work, disesuaikan dengan kebutuhan dalam penyelesaian masalah konseli. Hasil dari penerapan konseling dengan pendekatan behavioral adalah perubahan kondisi psikologis pada anak dari pelaku tindak kriminal menjadi bahagia/ceria, mudah mengungkapkan perasaan dan berani.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan behavioral, rasa percaya diri, anak
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Sep 2023 02:35
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13322

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.