Faḍāil Al-Suwar Menurut Al-Zamakhsyarī (Studi Pada Kitab Tafsir Al-Kasysyāf ‘an Haqāiq Al-Tanzīl wa ‘Uyūn Al-Aqāwīl fī Wujūh Al-Ta’wīl)

Oktaviani, Rita (2023) Faḍāil Al-Suwar Menurut Al-Zamakhsyarī (Studi Pada Kitab Tafsir Al-Kasysyāf ‘an Haqāiq Al-Tanzīl wa ‘Uyūn Al-Aqāwīl fī Wujūh Al-Ta’wīl). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320062_Cover.pdf

Download (438kB)
[img] Teks
S_IAT_191320062_Lamopiran Depan.pdf

Download (687kB)
[img] Teks
S_IAT_191320062_BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Teks
S_IAT_191320062_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (610kB)
[img] Teks
S_IAT_191320062_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img] Teks
S_IAT_191320062_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (665kB)
[img] Teks
S_IAT_191320062_BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Teks
S_IAT_191320062_Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)

Abstrak

Faḍāil al-suwar adalah keutamaan-keutamaan yang terkandung di dalam surat-surat Al-Qur’an yang berisikan tentang balasan bagi setiap orang yang membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. Faḍāil al-suwar banyak tercantum dalam kitab tafsir, salah satu diantaranya yaitu dalam kitab tafsir Al-Kasysyāf „an Haqāiq Al-Tanzīl wa „Uyūn Al-Aqāwīl fī Wujūh Al-Ta‟wīl atau disebut tafsir dengan tafsir Al-Kasysyāf karya Imam Al-Zamakhsyarī. Namun pada penafsiran Imam Al-Zamakhsyarī ini, dianggap kontroversi antara faḍāil al-suwar dengan pemikirannya Al-Zamakhsyarī. Adapun Rumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana pandangan teologis Al-Zamakhsyarī? 2. Bagaimana implikasi pandangan teologis Al-Zamakhsyarī terhadap faḍāil al-Suwar dalam kitab tafsir Al-Kasysyāf „An Haqāiq At-Tanzīl wa „Uyūn Al-Aqāwīl fī Wujūh Al-Ta‟wīl?. Dari kedua rumusan tersebut, maka tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pandangan teologis Al-Zamakhsyarī serta mengetahui implikasi pandangan teologis Al-Zamakhsyarī terhadap faḍāil al-suwar dalam kitab tafsir Al-Kasysyāf „an Haqāiq Al-Tanzīl wa „Uyūn Al-Aqāwīl fī Wujūh Al-Ta‟wīl. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini berupa (Library Research). Teknik pengolahan data deskriftif-analisis. Dengan begitu, akan terlihat keutamaan-keutamaan surat-surat Al-Qur’an yang terdapat di dalam kitab tafsir Al-Kasysyāf. Penulis meneliti sebagian surat saja yaitu surat Al-Fātihah dan Al-Takāṡur sampai Al-Nās. Disamping itu, untuk melihat bagaimana implikasi dengan tafsirnya dan terutama dengan teologinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan teologis Al-Zamakhsyarī kurang relevan dengan faḍāil al-suwar karena tafsir ini termasuk tafsir bi al-ra’yi. Terdapat beberapa kejanggalan mengenai fadhilah surat yang berakibat tidak konsistennya terhadap tafsir dan juga madzhabnya. Diantaranya mengenai pahala dan syafaat yang mana beliau mengingkari adanya syafaat di hari kiamat. Tetapi berbeda dengan fadhilah surat Al-Humazah yang menyetujui adanya syafaat pada hari kiamat. Mengenai azab kubur terdapat dalam surat Al-Fātihah, mengenai hisab terdapat dalam surat Al-Takaṡur, mengenai sihir yang terdapat dalam surat Al-Falaq. Selain itu terdapat beberapa korelasi seperti dalam surat Al-Ikhlāṣ serta janji dan ancaman yang terdapat dalam surat Al-Quraiṣ, Al-kauṡar, Al-Naṣr dan Al-Mā‟ūn.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Faḍāil Al-Suwar, Teologi Al-Zamakhsyarī, Tafsir Al-Kasysyāf
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Sep 2023 04:12
Perubahan Terakhir: 25 Sep 2023 04:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13299

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.