Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Rau Kota Serang)

Tamam, Billy (2023) Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Rau Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_161410023_Cover.pdf

Download (72kB)
[img] Teks
S_ES_161410023_Lampiran Depan.pdf

Download (389kB)
[img] Teks
S_ES_161410023_BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Teks
S_ES_161410023_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (367kB)
[img] Teks
S_ES_161410023_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (236kB)
[img] Teks
S_ES_161410023_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (245kB)
[img] Teks
S_ES_161410023_BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Teks
S_ES_161410023_Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstrak

Pasar tradisional merupakan asset budaya dan penggerak ekonomi nasional yang selama ini terbukti tahan dari hantaman krisis ekonomi bahkan pandemi belakangan ini. Oleh karena itu pasar tradisional harus mendapatkan perhatian serius karena selain memelihara infrastruktur perekonomian negara, pasar tradisional juga melindungi kepentingan masyarakat banyak. Saat ini ditengah maraknya pasar modern maupun pasar daring (online) ternyata tidak mengurangi minat konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional. Pasar tradisional merupakan wadah utama penjualan produk-produk kebutuhan pokok yang dihasilkan oleh para pelaku ekonomi berskala menengah kecil serta mikro. Mereka adalah para petani, nelayan, pengrajin dan industri rakyat yang sangat menyandarkan hidupnya kepada pasar tradisional. Meskipun harus bersaing dengan pasar modern, pasar tradisional masih tetap menjadi salah satu segmen ekonomi yang sangat diandalkan oleh suatu daerah. Dan pasar Rau adalah pasar tradisional terbesar di Kota Serang Provinsi Banten yang masyarakatnya mayoritas muslim yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana potensi pasar Rau kota Serang dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam mengenai aktivitas jual beli pedagang di pasar Rau Kota Serang. Fokus penelitian adalah masyarakat yang melakukan aktivitas jual-beli di pasar Rau kota Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengelola pasar, pedagang dan pembeli di pasar Rau. Observasi mengamati keadaan yang ada di Pasar Rau dan Sekitar Pasar, dan dokumentasi digunakan untuk mendukung data-data yang peneliti dapatkan di lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pasar Rau yang berada di Kota Serang Provinsi Banten berpotensi dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Adapun potensinya yaitu sebagai Tempat transaksi, ketersediaan lapangan pekerjaan, sebagai pusat perekonomian, adanya layanan jasa, sarana untuk pemenuhan kebutuhan, serta aktivitas jual beli yang sesuai dengan syariat islam, Tinjauan ekonomi Islam terhadap aktivitas pedagang di pasar Rau yaitu sudah baik dilihat dari segi kehalalan produk yang dijual, tindakan para pedagang yang memelihara keutuhaan persaudaraan, kejujuran terhadap kondisi barang yang dijual, serta persaingan yang sehat di antara pedagang tidak melanggar syariat Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Potensi Pasar, Peningkatan Ekonomi
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Sep 2023 01:53
Perubahan Terakhir: 10 Jan 2024 02:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.