Pengaruh Nilai-Nilai Religiusitas dan Literasi Keuangan terhadap Pengendalian Perilaku Konsumtif (Studi pada Santri Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Serang)

Afriyani, Tini (2023) Pengaruh Nilai-Nilai Religiusitas dan Literasi Keuangan terhadap Pengendalian Perilaku Konsumtif (Studi pada Santri Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410140_Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_ES_191410140_Lampiran Depan.pdf

Download (672kB)
[img] Teks
S_ES_191410140_BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Teks
S_ES_191410140_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (494kB)
[img] Teks
S_ES_191410140_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (258kB)
[img] Teks
S_ES_191410140_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (324kB)
[img] Teks
S_ES_191410140_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_ES_191410140_Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB)

Abstrak

Era modernisasi mempengaruhi segala bidang kehidupan manusia, termasuk dalam hal konsumsi. Adanya modernisasi dalam bidang teknologi memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan konsumsi dengan mengakses e-commers yang telah banyak tersedia, tetapi banyaknya e-commers tersebut menjadikan manusia berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif dapat terjadi pada semua kalangan usia maupun lingkungan termasuk dalam lingkungan pesantren. Pesantren At-Thahiriyah sebagai lembaga pendidikan islam selalu menanamkan dan memupuk jiwa religiusitas santri, dengan mengajarkan kitab-kitab yang berkaitan dengan zuhud terhadap dunia, meskipun demikian pesantren At-Thahiriyah menjadi salah satu lingkungan yang berperilaku konsumtif, terlihat dari banyaknya paket belanjaan santri yang berjumlah lebih dari 20 paket setiap harinya. Rata-rata santri yang berperilaku konsumtif adalah santri yang memiliki uang saku dengan jumlah besar tetapi tidak disertai dengan pemahaman literasi keuangan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh nilai-nilai religiusitas dan literasi keuangan terhadap pengendalian perilaku konsumtif santri pondok pesantren At-Thahiriyah baik secara parsial maupun simultan atau bersama-sama. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai-nilai religiusitas dan literasi keuangan terhadap pengendalian perilaku konsumtif santri pondok pesantren At-Thahiriyah baik secara parsial atau terpisah maupun simultan atau bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner yang tujukan pada 76 responden, objek dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren At-Thahiriyah Kaloran Serang. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis uji t, uji f, dan uji determinasi kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel nilai-nilai religiusitas dan literasi keuangan berpengaruh terhadap pengendalian perilaku konsumtif santri. Hasil uji determinasi kuadrat menunjukan bahwa nilai-nilai religiusitas dan literasi keuangan mempengaruhi pengendalian perilaku konsumtif santri sebesar 29,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Religiusitas, literasi keuangan dan pengendalian perilaku konsumtif
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Sep 2023 03:55
Perubahan Terakhir: 21 Sep 2023 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.