Tinjauan Hukum Islam terhadap Pemanfaatan Barang Gadai Pohon Kelapa Sawit di Desa Tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak

Mardiyah, Mardiyah (2023) Tinjauan Hukum Islam terhadap Pemanfaatan Barang Gadai Pohon Kelapa Sawit di Desa Tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130213_COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_HES_181130213_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (443kB)
[img] Teks
S_HES_181130213_BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Teks
S_HES_181130213_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
S_HES_181130213_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (432kB)
[img] Teks
S_HES_181130213_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (432kB)
[img] Teks
S_HES_181130213_BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
S_HES_181130213_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstrak

Gadai merupakan suatu akad perjanjian utang piutang dengan jaminan barang sebagai penguat kepercayaan utang piutang tersebut. Di Desa Tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak itu ketika melangsungkan praktik gadai, maka kedua belah pihak melakukan ijab qabul berdasarkan dari tinjauan hukum Islam, dalam bentuk pelaksanaan praktik gadai. Praktik gadai bertujuan untuk memberikan bantuan terhadap pemberi gadai (rahn). Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya yaitu 1) bagaimana praktik gadai pohon kelapa sawit yang terjadi dimasyarakat Desa tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak? 2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan barang gadai pohon kelapa sawit di Desa tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik gadai pohon kelapa sawit yang terjadi dimasyarakat Desa Tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak dan untuk memahami bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap gadai pohon kelapa sawit yang terjadi dimasyarakat Desa tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fild research), hal itu bertujuan untuk mencari, mengamati, dan mendapatkan gambaran tentang pembahasan Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemanfaatan Barang Gadai Pohon Kelapa Sawit di Desa Tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak. Kemudian pendekatan penelitian yang digunakan berdasarkan pendekatan yuridis empiris pendekatan yuridis didasarkan dengan perundang-undangan sedangkan empiris dikaji berdasarkan yang ada di lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data, peneliti melakukan observasi untuk menggali seluruh informasi tentang tinjauan hukum islam terhadap pemanfaatan barang gadai pohon kelapa sawit di Desa tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabypaten Lebak. Kemudian teknik pengolaha data dilakukan berdasrkan sumber primer yaitu dikaji secara khusus dari segi pembahasan Hukum Islam dan sumber sekunder yang penulis gunakan yaitu diambil berdasarkan kajian pustaka. Lalu dilanjutkan dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi kepada pihak yang melakukan praktik gadai Kesimpulan dari hasil penelitian ini 1) praktik gadai pohon kelapa sawit yang terjadi di Desa tanjung Sari Indah Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak dilakukan ketika adanya suatu akad atau perjanjian yang dilangsungkan antara kedua belah pihak. Dan untuk praktik gadai yang dilakukan tidak memiliki batas yang ditentukan. 2) madzhab syafi’i menyatakan bahwa hasil panen dari praktik gadai itu hanya bisa dinikmati oleh si pemberi gadai saja. Sedangkan pandangan lainnya menjadi sebuah pendukung seperti halnya padangan madzhab Maliki yang membolehkan dalam proses pemanfaatan hasil panen itu dinikmati oleh pihak manapun, dengan ketetapan dari persetujuan yang dilakukan diawal ijab qabul pelaksanaan praktik gadainya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Gadai, Pohon Kelapa Sawit
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam > 2x4.225 Rahn
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2023 03:05
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2023 03:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13263

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.