Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Online Sistem Kredit di Aplikasi Kredivo

Nahla, Nahla (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Online Sistem Kredit di Aplikasi Kredivo. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130029_COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_HES_171130029_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (582kB)
[img] Teks
S_HES_171130029_BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Teks
S_HES_171130029_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
S_HES_171130029_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_HES_171130029_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (477kB)
[img] Teks
S_HES_171130029_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_HES_171130029_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstrak

Jual beli kredit memiliki model transaksi yang beragam dan pembeli diharuskan membayar seluruh harga secara kredit namun ada permasalhan yang menimbulkan kontroversi yang mengakibatkan keterlambatan bayar pengguna yakni pengenaan denda pada aplikasi kredivo dimana konsumen kredivo diantaranya adalah muslim, Kasus ini perlu mndapatkan kejelasan hukum islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana transaksi jual beli online sistem kredit yang dilakukan oleh pengguna layanan aplikasi kredivo dan bagai mana tinjauan hukum islam terhadap transaksi jual beli online sistem kredit yang dilakukan oleh pengguna layanan aplikasi kredivo. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah bagaimana mekanisme transaksi Jualbeli online sistem kredit melalui aplikasi Kredivo dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap transaksi Jualbeli online sistem kredit di aplikasi Kredivo. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan syariah yang bersifat deskriptif analitis. Penelitian menggunakan dua sumber data, yaitu data primer yang berupa hasil obsevasi dan wawancara, dan data sekunder yang berupa buku, internet dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui transaksi Jualbeli online sistem kredit yang dilakukan pengguna aplikasi Kredivo dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap transaksi Jualbeli online oleh penguna layanan aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah termasuk jenis penelitian kualitatip dengan metode penelitian empiris yang bersifat lapang ( fielsearch). Sedangkan data primer yang digunakan adalah hasil pengakuran yang telah dilakukan sebelumnya, hasil yang di peroleh langsung dari lapangan dapat berupa hasil obsevasi, wawancara, ataupun angket yang akan di isi oleh responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1. Transaksi Jualbeli Online Sistem Kredit yang dilakukan pengguna layanan aplikasi Kredivo termasuk dalam akad Murabahah dan bebas riba, dimana pihak Kredivo menyediakan berbagai jangka waktu pembayaran yaitu 30 hari dengan ketentuan yang telah disepakati. 2. Dalam praktik kredit aplikasi Kredivo diterangkan dengan jelas dan nyata bahwa jika nasabah terlambat membayar dari tempo yang ditetapkan, maka perhari akan dikenakan denda yang besarannya telah ditentukan di awal. Namun denda tersebut dinilai sebagai riba karena denda perhari terlalu besar nominalnya, berdasarkan ketentuan Al-Qur’an dan hadits tentang riba dalam pinjaman, serta Fatwa DSN MUI No. 117/DSN-MUI//II/2018 tentang prinsip syariah Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kredit Aplikasi Kredivo, Transaksi Jual Beli Online, Jual Beli Online
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2023 02:22
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2023 02:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13261

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.