Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bermasalah (Studi Nasabah Bank BSI Kantor Cabang Serang)

Mujahidulloh, Tb. A. (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bermasalah (Studi Nasabah Bank BSI Kantor Cabang Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_161130147_COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Teks
S_HES_161130147_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_161130147_BAB I.pdf

Download (978kB)
[img] Teks
S_HES_161130147_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_HES_161130147_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (926kB)
[img] Teks
S_HES_161130147_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (444kB)
[img] Teks
S_HES_161130147_BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Teks
S_HES_161130147_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penyelesaian kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bermasalah menjadi isu penting dalam industri perbankan syariah di Indonesia. Masalah kredit bermasalah dapat mempengaruhi kinerja keuangan bank, sehingga diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Peranan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi juga akan membantu usaha mengatasi masalah pengangguran serta terserapnya tenaga kerja mengingat banyak UMKM di negeri ini sehingga membuka kesempatan usaha yang akhirnya mendorong pembangunan daerah negeri ini. Dalam hal ini Bank Syariah Indonesia KC Serang membantu dan mengembangkan UMKM dengan program KUR Mikro, salah satu peran serta pembiayaan mikro syariah terhadap perkembangan ekonomi masyarakat adalah dengan cara pemberikan modal pembiayaan kepada nasabah untuk mengembangakan usaha yang telah ada atau membuka cabang usaha baru. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka peneliti merumuskan pertanyaan sebagai berikut: 1) Apa kredit UMKM bermasalah dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian kredit UMKM bermasalah pada nasabah Bank BSI KC Serang? 2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap penyelesaian kredit UMKM bermasalah pada nasabah Bank BSI KC Serang?. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui apa kredit UMKM bermasalah dan faktor faktor yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah di Bank BSI KC Serang. 2) Untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum islam terhadap penyelesaian kredit UMKM bermasalah pada nasabah Bank BSI KC Serang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data tertulis dan informasi dari objek penelitian. Data kualitatif adalah data yang didapat dari rekaman, pengamatan, wawancara, atau bahan tertulis, dan data ini tidak berbentuk angka. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil penemuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua faktor terjadinya kemacetan yaitu faktor internal dan eksternal. Selain itu, upaya BSI KC Serang dalam menyelesaikan kredit masalah terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah pemberitahuan lewat telepon atau handpone, pemberian surat penagihan, Rescheduling, Reconditioning, Restructuring, Kombinasi dan penyitaan jaminan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2023 01:39
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2023 01:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.