Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Peristiwa Isra Mi’raj Perspektif Syaikh Ahmad Ad-Dardiri (Studi Kitab Hasyiyah Ahmad Ad-Dardiri ‘Ala Qishshotil Mi’roj)

Juhaedi, M. Ali Rijal (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Peristiwa Isra Mi’raj Perspektif Syaikh Ahmad Ad-Dardiri (Studi Kitab Hasyiyah Ahmad Ad-Dardiri ‘Ala Qishshotil Mi’roj). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210113_Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
S_PAI_181210113_Lampiran Depan.pdf

Download (677kB)
[img] Teks
S_PAI_181210113_BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Teks
S_PAI_181210113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (546kB)
[img] Teks
S_PAI_181210113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img] Teks
S_PAI_181210113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (643kB)
[img] Teks
S_PAI_181210113_BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_PAI_181210113_Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat pokok dalam kelangsungan hidup manusia dan setiap orang bersentuhan langsung dengan pendidikan dalam setiap harinya, maka dari itu pendidikan yang benar akan menghantarkan seseorang menjadi manusia yang beradab dan berilmu. Dalam Islam, keimanan dan pendidikan mampu mengantarkan manusia pada derajat yang lebih tinggi bagi orang yang beriman dan berilmu terutama dalam menciptakan ridha Allah Swt melalui berlomba-lomba menjadi orang yang bertaqwa, karena dengan mencari ilmu yang dipandu dengan keimanan, manusia akan lebih dekat dengan-Nya. Banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkan pendidikan, karena pendidikan bukan hanya di sekolah, membaca buku dan sumber belajar yang lainnya, namun juga bisa di dapat melalui nilai-nilai pendidikan yang terdapat melalui berbagai ritual peringatan dari sebuah peristiwa yang dialami diri sendiri maupun orang lain, sehingga dapat mengambil makna nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam peristiwa tersebut. Peristiwa isra mi‟raj adalah perjalanan nabi muhammad saw bersama malaikat jibri dari makkah ke palestina lalu naik ke langit hingga menghadap Allah Swt kemudian pulang membawa pesan untuk umatnya. Peristiwa tersebut banyak mengandung keajaiban dan mengandung nilai-nilai pendidikan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam peristiwa isra mi'raj perspektif syaikh ahmad ad-dardiri dan relevansi nilai-nilai pendidikan dalam isra mi‟raj perspektif syaikh ahmad ad-dardiri dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan atau library research yaitu kegiatan mendalami, mencermati, menelaah dan mengidentifikasi pengetahuan yang ada dalam kepustakaan (sumber bacaan, buku-buku referensi atau hasil penelitian lain) untuk menunjang penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di dalam peristiwa isra isra mi‟raj banyak mengandung nilai-nilai pendidikan, diantranya seperti nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak dan dari ketiga nilai tersebut sanag relevan dengan Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan, Nilai-Nilai Pendidikan, Peristiwa Isra Mi’raj
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Sep 2023 08:55
Perubahan Terakhir: 15 Sep 2023 08:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13226

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.