Alamsyah, Muhammad Rizki (2023) Analisa Penggunaan Gadget Terhadap Pola Perilaku Anak Usia Dini (Di TK-IT Yasifa, Ketos-Leles, Sindangsari, Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191260031_Cover.pdf Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191260031_Lampiran Depan.pdf Download (538kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191260031_BAB I.pdf Download (504kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191260031_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (604kB) |
||
Teks
S_PGMI_191260031_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (311kB) |
||
Teks
S_PGMI_191260031_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (470kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191260031_BAB V.pdf Download (464kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191260031_Daftar Pustaka.pdf Download (338kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui durasi penggunaan gadget terhadap pola perilaku anak usia dini di lingkungan TK-IT Yasifa dan mengetahui penggunaan gadget pada anak usia dini memberikan pengaruh positif/negatif pada pola perilaku anak usia dini. Yang dilatar belakangi dengan penggunaan gadget seperti handphone pada anak usia dini akan mempengaruhi tingkah laku anak tersebut, mulai dari perubahan jam tidur anak, perubahan sikap anak terhadap teman sebayanya, serta perubahan sikap anak terhadap orang yang lebih tua darinya. Dalam hal ini para guru dan orangtua wali murid harus memberikan arahan serta wawasan dan pembelajaran yang baik tentang penggunaan gadget pada anak usia dini. Gadget merupakan teknologi mutakhir saat ini yang berkembang secara cepat meluas ke seluruh dunia termasuk negara kita Indonesia dan teknologi ini juga sangat berperan penting terhadap era globalisasi saat ini. Penggunaan gadget pada dasarnya cukup digemari anak muda zaman sekarang tak luput juga pada anak usia dini yang dimana apabila anak sudah menggunakan gadget seringkali lupa waktu akan durasi pemakaian gadget yang baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan guru, anak dan orangtua. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa para guru dan orangtua wali murid dapat dideskripsikan bahwa pengaruh penggunaan gadget sangat berpengaruh terhadap perubahan pola perilaku anak. Penggunaan gadget banyak sekali yang mempengaruhi perubahan emosional terhadap anak yang dimana dapat membuat anak menjadi ketergantungan dan cenderung marah. Meskipun tidak hanya memiliki dampak negatif, penggunaan gadget pun dapat memberikan hal yang positif seperti dapat menambah wawasan baru dan meningkatkan kreatifitas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penggunaan gadget, pola perilaku anak usia dini |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 14 Sep 2023 08:00 |
Perubahan Terakhir: | 14 Sep 2023 08:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13222 |
Actions (login required)
Lihat Item |