Pengembangan Media Video Animasi Powtoon Materi Suhu dan Kalor Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Widayanti, Indri (2023) Pengembangan Media Video Animasi Powtoon Materi Suhu dan Kalor Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240091_Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240091_Lampiran Depan.pdf

Download (524kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240091_BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240091_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240091_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (408kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240091_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_191240091_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240091_Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui prosedur pengembangan media video animasi berbasis STEM pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan aplikasi Powtoon serta untuk menguji keefektifan media video animasi Powtoon berbasis STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor di kelas V SD Islam An-Nur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: berdasarkan hasil uji validasi media video animasi Powtoon dapat diketahui bahwa dosen Ahli materi yang pertama memperoleh rata-rata persentase 91% dan ahli materi kedua memperoleh rata-rata persentase 94%, ahli media yang pertama memperoleh rata-rata persentase 87% dan ahli media kedua memperoleh persentase 92%, sedangkan untuk ahli bahasa yang pertama memperoleh skor rata-rata 97% dan ahli bahasa yang kedua memperoleh skor rata-rata 85%. Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi Powtoon berbasis STEM pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Adapun berdasarkan hasil uji coba media video animasi Powtoon berbasis STEM di kelas V Hasan bin Ali SD Islam An-Nur, hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan sebesar 65%. Sebelum uji coba produk nilai rata-rata persentase adalah 25% dan setelah melakukan uji coba produk peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 90%. Persentase hasil belajar peserta didik tersebut sudah melewati dari batas persentase yang sudah ditetapkan ketuntasan klasikan yaitu 85%. Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi Powtoon berbasis STEM efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPA.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Research and Development, Powtoon, Berpikir Kritis
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Sep 2023 04:43
Perubahan Terakhir: 14 Sep 2023 04:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.