Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Teks Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV

Soraya, Kiki (2023) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Teks Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240087_Cover.pdf

Download (197kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240087_Lampiran Depan.pdf

Download (451kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240087_BAB I.pdf

Download (506kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240087_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (588kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240087_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (697kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240087_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (996kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240087_BAB V.pdf

Download (195kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240087_Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui deskripsi metode role playing yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman teks cerita pada siswa kelas IV mata pelaϳaran Bahasa Indonesia 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman teks cerita pada siswa kelas IV menggunakan metode Role Playing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan model Kemmis dan Mc.Teggart yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 58,00 dan siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan presentase 33,33% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 74,00 dan siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan presentase ketuntasan mencapai 86,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa bahasa indonesia tentang memahami teks cerita.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Teks Cerita
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Sep 2023 07:11
Perubahan Terakhir: 11 Sep 2023 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.