Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Cikupa 1, Pembiayaan Bermasalah, Strategi Penyelesaian

Adinugroho, Mohamad Fajar (2023) Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Cikupa 1, Pembiayaan Bermasalah, Strategi Penyelesaian. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_181420181_Cover.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_PBS_181420181_Lampiran Depan.pdf

Download (705kB)
[img] Teks
S_PBS_181420181_BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Teks
S_PBS_181420181_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (660kB)
[img] Teks
S_PBS_181420181_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
S_PBS_181420181_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (224kB)
[img] Teks
S_PBS_181420181_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_PBS_181420181_Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB)

Abstrak

Penelitian dilakukan pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tangerang Cikupa 1. Pembiayaan bermasalah menjadi daya tarik penulis untuk melakukan penelitian. Terlebih banyaknya kasus penyelesaian pembiayaan yang dilakukan oleh instansi-instansi penyedia jasa pembiayaan menggunakan cara yang menyimpang dari aturan BI dan OJK. Fokus yang akan diteliti yaitu tentang bagaimana strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah yang dilakukan BSI KCP Tangerang Cikupa 1. Kemudian dengan adanya wabah pandemi yang terjadi tentu hal ini dapat mempengaruhi nasabah pembiayaan yang ada dalam membayar angsuran sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan bermasalah pada BSI KCP Tangerang Cikupa 1. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1). Faktor dan Permasalahan apa sajakah yang menjadi penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada BSI KCP Tangerang Cikupa 1? 2). Bagaimana identifikasi nasabah pembiayaan bermasalah pada BSI KCP Tangerang Cikupa 1? 3). Strategi apa yang digunakan oleh BSI KCP Tangerang Cikupa 1 dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah di masa pandemi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu; 1). Mengetahui faktor dan permasalahan yang menjadi penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada BSI KCP Tangerang Cikupa 1. 2). Mengetahui identifikasi nasabah pembiayaan bermasalah pada BSI KCP Tangerang Cikupa 1. 3). Mengetahui strategi yang dilakukan BSI KCP Tangerang Cikupa 1 dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah di masa pandemi. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan teori dan data-data substantif yang dikaji untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan kerangka berpikir dan tujuan penelitian, mengacu pada teori-teori empiris dan hasilnya diinterpretasikan secara deskriptif. Faktor dan permasalahan nasabah yang menyebabkan terjadinya pembiayaan bermasalah pada BSI KCP Tangerang Cikupa 1 diantaranya yaitu: Pandemi Covid-19, PHK, Gulung Tikar, Poligami atau Nikah Siri, Penurunan Pendapatan (Income), Sakit Keras, Pola Hidup Mewah, dan Karakter Tidak Baik. Kemudian untuk mengidentifikasi nasabah pembiayaan bermasalah yaitu dengan cara sebagai berikut: Nasabah yang sulit atau tidak dapat dihubungi, Nasabah selalu lalai dalam membayar angsuran, Nasabah tidak membayar angsuran lebih dari 3 bulan. Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada BSI KCP Tangerang Cikupa 1: Mengingatkan nasabah mengenai pembayaran angsuran melalui seluler, Memberikan SP 1,2, dan 3 kepada nasabah, Melakukan kunjungan kerumah nasabah, Membuat surat pernyataan ketersediaan membayar angsuran, Menjual jaminan yang dilakukan oleh nasabah, Mendaftarkan jaminan ke balai lelang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Cikupa 1, Pembiayaan Bermasalah, Strategi Penyelesaian
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Sep 2023 06:44
Perubahan Terakhir: 07 Sep 2023 06:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.