PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA (Kuasi Eksperimen di Kelas II MI Daarul Ilmi Kec. Balaraja Kab. Tangerang)

MAYAROSITA, SEPTY (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA (Kuasi Eksperimen di Kelas II MI Daarul Ilmi Kec. Balaraja Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1. COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (56kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
3. BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (231kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
4. BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (223kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
5. BAB III SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (833kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
7. BAB V SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (843kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap penggunaan huruf kapital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kurang tepatnya penggunaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi penggunaan huruf kapital. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan media kartu huruf yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan huruf kapital. Berdasarkan latar belakang di atas, dirumuskan permasalahan yang menjadi fokus penelitian, sebagai berikut: 1) Bagaimana penggunaan media kartu huruf terhadap keterampilan menulis huruf kapital siswa kelas 2 MI Daarul Ilmi Balaraja? 2) Apakah media kartu huruf berpengaruh terhadap keterampilan menulis huruf kapital siswa kelas 2 MI Daarul Ilmi Balaraja? Berdasarkan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap keterampilan menulis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Daarul Ilmi tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent control group pretest and posttest design. Sampel yang diambil adalah kelas 2A (kelas eksperimen) dan 2B (kelas kontrol). Instrumen penelitian ini menggunakan tes subjektif berupa soal uraian dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis posttest uji t dua pihak dengan menunjukkan ditolak dan diterima yaitu dengan perolehan = 4,673 dan = 2,010 dengan α = 0,05. Kemudian membandingkan dengan diperoleh > . Dilihat dari hasil observasi, respon siswa kelas eksperimen sebesar 62,78% dan kelas kontrol sebesar 55,45%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media kartu huruf cukup baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media kartu huruf.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Kartu Huruf, Keterampilan Menulis Siswa
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 020 Perpustakaan & Informasi Ilmu > 028 Membaca & penggunaan media informasi lainnya
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2017 02:17
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2017 02:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.