الأفعال الكلامية الإنجازية في كوميك "ابتسامة فرشاة" في ويب تون (دراسة تحليلية تداولية)

Khotimah, Husnul (2023) الأفعال الكلامية الإنجازية في كوميك "ابتسامة فرشاة" في ويب تون (دراسة تحليلية تداولية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360092_Cover.pdf

Download (220kB)
[img] Teks
S_BSA_191360092_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_191360092_BAB I.pdf

Download (784kB)
[img] Teks
S_BSA_191360092_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (889kB)
[img] Teks
S_BSA_191360092_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (671kB)
[img] Teks
S_BSA_191360092_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (889kB)
[img] Teks
S_BSA_191360092_BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Teks
S_BSA_191360092_Daftar Pustaka.pdf

Download (551kB)

Abstrak

Seiring perkembangan zaman karya-karya sastra dapat kita nikmati melalui smartphone salah satunya adalah komik. Banyak aplikasi yang menjadi wadah para komikus berbakat untuk mengekspresikan idenya dan mengembangkan kegemarannya, seperti Webtoon. Webtoon memuat komik bermacam-macam genre dan beberapa bahasa termasuk komik berbahasa arab. Salah satu genre di dalamnya adalah genre slice of life yaitu komik yang menceritakan kisah kehidupan sehari-hari sang komikus itu sendiri yang berjudul "Ibtisamah Fursyah". Komik ini berisi cerita ringan dan lucu, di dalamnya terdapat banyak percakapan antara sang komikus dengan tokoh-tokoh lain yang dituliskannya. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tuturan-tuturan di dalam komik ini dengan menganalisis tindak tutur ilokusinya, peneliti akan meneliti jenis, makna, pembagian kalimat dan pengklasifikasian bentuk tindak tutur ilokusi secara terperinci dalam komik ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apa saja jenis-jenis tuturan yang merupakan tindak tutur ilokusi dalam komik "Ibtisamah Fursyah"?. 2) Apa saja makna, jenis kalimat dan klasifikasi bentuk tindak tutur ilokusi dalam komik "Ibtisamah Fursyah"?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data primer yaitu komik "Ibtisamah Fursyah" dan data sekunder yaitu buku, jurnal, dan dokumentasi lain yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, baca, catat, dan kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan metode analisis deskriptif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan analisis, peneliti menyimpulkan bahwa di dalam komik "Ibtisamah Fursyah" itu terdapat lima jenis tindak tutur ilokusi sebagaimana teori dari Searle yaitu; asertif, ekspresif, direktif, komisif, dan deklaratif. Terdapat 12 tuturan jenis asertif msliputi makna menduga, menyatakan, memberitahu, mengeluh dan mengadukan. 5 tuturan jenis ekspresif meliputi makna berterima kasih, kesal, tidak suka, permintaan maaf dan memuji. 9 tururan jenis direktif meliputi makna meminta, menyarankan, meminta jawaban, meminta informasi dan mengajak. 4 tuturan jenis komisif meliputi makna menolak dan menawarkan. Dan 1 tuturan jenis deklaratif dengan makna menerima. Adapun kalimat-kalimat tuturan tersebut meliputi kalimat deklaratif, interogatif, dan imperatif. Dan klasifikasi bentuk-bentuknya meliputi tiga bentuk yaitu tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, dan tindak tutur tidak langsung literal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2023 08:05
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2023 08:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.