الشّخصية و تصنيف العواطف في قصّة البوم والغربان في كليلة و دمنة لإبن المقفع (دراسة تحليلية نفسية)

Putri, Eggy Berliani (2023) الشّخصية و تصنيف العواطف في قصّة البوم والغربان في كليلة و دمنة لإبن المقفع (دراسة تحليلية نفسية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360033_Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
S_BSA_191360033_Lampiran Depan.pdf

Download (730kB)
[img] Teks
S_BSA_191360033_BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Teks
S_BSA_191360033_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (590kB)
[img] Teks
S_BSA_191360033_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
S_BSA_191360033_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (719kB)
[img] Teks
S_BSA_191360033_BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Teks
S_BSA_191360033_Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstrak

Karya sastra adalah hasil pemikiran pengarang yang dituangkan dalam bahasa yang indah biasanya dihasilkan dari sebuah imajinasi. Sebuah karya sastra selalu terdapat tokoh di dalamnya dengan berbagai macam kepribadiannya serta emosi yang dirasakan, tujuannya agar pembaca lebih bisa menikmati alur dari karya yang dibacanya. Seperti karya sastra yang ditulis oleh Ibn Al-Muqaffa yang berjudul Burung Hantu dan Burung Gagak, di dalamnya terdapat berbagai macam kepribadian tokoh dan beberapa emosi yang dirasakan oleh tokoh. Kalilah Wa Dimnah adalah karya filsuf besar India yang bernama Baydaba, yang kemudian diterjemahkan oleh Ibn Al-Muqaffa ke dalam bahasa Arab. Kalilah Wa Dimnah merupakan sebuah karya yang mengkisahkan tentang fabel dengan gambaran sifat,sikap dan kepribadian manusia, yang mengandung banyak pesan moral kehidupan yang dapat kita ambil. Karena ditulis dalam bentuk fabel, membuat karya ini lebih menarik dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Setelah penulis membaca dan memahami kisah burung hantu dan burung gagak dalam kalilah wa dimnah karya ibn al-muqaffa, penulis menemukan berbagai macam kepribadian dan klasifikasi emosi pada tokoh. Penulis tertarik untuk meneliti kisah tersebut dengan menggunakan teori psikologi. Dalam kesempatan ini penulis membahas skripsi ini mengenai 1) Apa saja kepribadian tokoh dalam kisah burung hantu dan burung gagak dalam kalilah wa dimnah karya Ibn Al-Muqaffa? 2) Apa saja klasifikasi emosi yang terdapat dalam kalilah wa dimnah karya Ibn Al-Muqaffa? Adapun tujuan masalah dari skirpsi ini adalah 1) Untuk Mengetahui apa saja kepribadian tokoh dalam kisah burung hantu dan burung gagak dalam kalilah wa dimnah karya Ibn Al-Muqaffa 2) Untuk Mengetahui apa saja klasifikasi emosi yang terdapat dalam kalilah wa dimnah karya Ibn Al-Muqaffa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yakni prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data. Adapun tahap penelitian adalah membaca dan memahami teori yang berkaitan dengan ilmu psikologi, setelah melakukan analisis dalam kisah Burung Hantu dan Burung Gagak dalam Kalilah Wa Dimnah karya Ibn Al-Muqaffa peneliti menemukan 52 data dari kepribadian tokoh dan kasifikasi emosi di dalamnya. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya kepribadian tokoh yang mana terdiri dari 37 data dan 15 data dari klasifikasi emosi pada tokoh.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kalilah Wa Dimnah, Kepribadian, Emosi
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Aug 2023 03:07
Perubahan Terakhir: 25 Aug 2023 03:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.