Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal Pada Produk Lokal Gula Aren Crystal di Desa Cimenga Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak

Maspupah, Siti (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal Pada Produk Lokal Gula Aren Crystal di Desa Cimenga Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530054_Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_PMI_191530054_Lampiran Depan.pdf

Download (598kB)
[img] Teks
S_PMI_191530054_BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Teks
S_PMI_191530054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (153kB)
[img] Teks
S_PMI_191530054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (205kB)
[img] Teks
S_PMI_191530054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_PMI_191530054_BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Teks
S_PMI_191530054_Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan di Kampung Cipeundeuy Pasir Desa Cimenga merupakan Kampung satu-satunya di desa Cimenga yang memproduksi gula aren crystal Cimenga. Pemberdayaan masyarakat ini hanya diikuti oleh masyarakat yang memproduksi gula aren crystal, program pendampingan sertifikasi halal dan pemasaran produk melalui media online pada masyarakat yang memproduksi produk lokal gula aren crystal yang akan dilakukan ini merupakan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pengetahuan pada proses sertifikasi halal dari awal pendaftaran sampai pada terbitnya sertifikat halal dan pengaktifan kembali akun media yang memasarkan produk gula aren crystal, hal ini dilakukan untuk memberikan label halal pada produk gula aren crystal dan meningkatkan penjualan pada produk gula aren crystal, produk lokal yang dipasarkan tersebut diharapkan dapat bersaing dan diterima dipasar nasional maupun global sesuai dengan konsep One Village One Product. Program pendampingan ini bertujuan untuk 1) mendampingi produk lokal gula aren crystal mendapatkan sertifikasi halal 2) mendampingi masyarakat pengrajin gula aren crystal dalam memasarkan produk lokalnya melalui media online (WhatsApp dan Shopee). Metode penelitian yang digunakan pada program pendampingan ini yaitu metode Participatory Action Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pendampingan yang dicapai yaitu: Pertama, produk gula aren crystal telah tersertifikasi halal. Kedua, strategi pemasaran berbasis online yang dibuktikan dengan adanya akun yang sudah dibuat dan dicantumkan dalam marketplace (Shopee) yang bertaraf internasional karena dapat diakses oleh siapapun yang memiliki apllikasi marketplace Shopee dan juga dengan media WhatsApp.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PAR, Produk Lokal Gula Aren Crystal, Sertifikasi halal, Strategi Pemasaran Media Online, One Village One Product
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Aug 2023 04:42
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.