Peran Rumah Singgah Yayasan Oemah Daon dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di Desa Daon Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang

Rohman, Faiq Miftahul (2023) Peran Rumah Singgah Yayasan Oemah Daon dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di Desa Daon Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_171380013_COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Teks
S_PMI_171380013_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_171380013_BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Teks
S_PMI_171380013_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (371kB)
[img] Teks
S_PMI_171380013_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (559kB)
[img] Teks
S_PMI_171380013_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_171380013_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_PMI_171380013_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Pendidikan merupakan sebuah masalah yang penting pada masyarakat karena maju mundurnya suatu masyarakat sangat bergantung pada tingkat pendidikan dan dapat mempengaruhi di bidang perekonomian yang dialami oleh masyarakat di Desa Daon. Rumah Singgah Daon yang sekarang bernama Oemah Daon didirikan oleh, Supatmiyana di atas tanah milik pribadi miliknya di Desa Daon, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang sejak tahun 2015. Oemah Daon didirikan dengan harapan anak-anak di sekitar yang putus sekolah atau berkeinginan untuk belajar bisa tetap mendapat banyak pelajaran seperti belajar bahasa Inggris, mengaji, juga berbagai workshop seperti pelatihan Wayang Suket, belajar self defence dan membuat hasil karya Kreativ lainnya. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan kreativitas anak di Yayasan Oemah Daon? 2) Apa saja program yang dikembangkan di Yayasan Oemah Daon? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan kreativitas anak di Yayasan Oemah Daon? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan kreativitas di Yayasan Oemah Daon. 2) Untuk mengetahui Program yang dikembangkan di Yayasan Oemah Daon. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan program Kreativitas anak di Yayasan Oemah Daon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena ingin menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di tempat penelitian. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari peneliti bahwa proses pengembangan kreativitas anak di Yayasan Oemah Daon, yaitu Dalam proses pengembangan kreativitasnya Yayasan Oemah Daon melakukan berbagai metode salah satunya dengan cara berkolaborasi bersama pihak lain untuk kemajuan anak-anak dalam proses pertumbuhannya agar tercipta inovasi baru dalam program yang diadakan. Sedangkan dalam menjalankan programnya Yayasan Oemah Daon menggunakan dengan cara mengenalkan terlebih dahulu seperti sejarah wayang suket dengan cara bercerita supaya para anak-anak menjadi antusias mendengarkanya. Dari proses tersebut tentu ada faktor pendukungnya, yakni adanya CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan ADR Grup yang bergabung membantu Yayasan Oemah Daon untuk bisa menyediakan bantuan berupa fasilitas alat-alat yang Yayasan butuhkan dan untuk membantu kelancaran progam kegiatan supaya bisa berjalan dengan baik dan bisa memberikan pengajaran yang baik kepada para anak didik. Adapun faktor penghambatnya anak-anak merasa cepat bosan ketika merasakan kesulitan. Lalu faktor penghambat lainnya adalah pembiayaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran, Kreativitas Anak, Rumah Singgah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Aug 2023 04:20
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.