Potensi Ekonomi di Sekitar Kawasan Banten Lama (Studi pada Pedagang di Sekitar Masjid Agung Serang, Kawasan Banten Lama, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten)

Fadillah, Muhammad Rizki (2023) Potensi Ekonomi di Sekitar Kawasan Banten Lama (Studi pada Pedagang di Sekitar Masjid Agung Serang, Kawasan Banten Lama, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_153800031_COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
S_PMI_153800031_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (616kB)
[img] Teks
S_PMI_153800031_BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Teks
S_PMI_153800031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (270kB)
[img] Teks
S_PMI_153800031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
S_PMI_153800031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (242kB)
[img] Teks
S_PMI_153800031_BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Teks
S_PMI_153800031_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Pariwisata memiliki arti sosial ekonomi bagi masyarakat. Hal ini diakui oleh banyak negra baik negara maju maupun negar berkembang, termasuk indonesi. Ada optimisme yang besar bahwa pariwisata sebagai agen of change yang kuat akan membantu laju pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat ke tingkat yang lebih baik. Pariwisata memiliki sumber devisa negara yang bisa menghasilkan keuntungan selain dari hasil migas dan non migas juga selain itu pariwisata merupakan aset yang sanga di unggulkan terutama pada saat sekarang ini pariwisata menjadi sangat merosot di karnakan oleh hal-hal yang membuat para wistawan baik asing maupun lokal takut datang ke Indonesia karena masalah keamanan yang masih menjadi persoalan yang rumit sampai sekarang. Tetapi saat ini perlahan-lahan pariwisata indonesia mulai bangkit lagi keterpurukan daerah-daerah yang selama ini menjadi daerah tujuan wisata di indonesia, salah satunya di Banten. Banten merupakan salah satu provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Barat, saat ini Provinsi Banten berada dalam tahap pembangunan yang dilakukan di berbagai sektor penunjang perekonomian, salah satu sektor yang sedang gencar dikembangkan adalah sektor pariwisata, seperti yang kita ketahui bersama, pariwisata merupakan bagian yamg berkaitan erat dengan kehidupan manusia yang menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana aktivitas yang ada di sekitar Kawasan Banten Lama ?. 2) dan potensi ekonomi di sekitar Kawasan Banten Lama ? Adapun tujuannya penelitian ini: 1) Untuk mengetahui aktivitas yang ada di sekitar Kawasan Banten Lama. 2) Untuk mengetahui potensi ekonomi di sekitar Kawasan Banten Lama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskritif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari apa yang diteliti. Sedangkan proses pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis mendatangi langsung lokasi dan melakukan penelitian di sana. Dari kesimpulan penulis, maka disarankan 1. Untuk pengelola kawasan wisata Banten Lama agar dapat meningkatakan fasilitas dan prasarana yang ada demi kenyamanan pengunjung sehingga bisa lebih banyak pengunjung yang datang. Untuk para pelaku usaha di sekitar kawasan diharapkan juga dapat meningkatkan pelayanannya, memperindah lokasi jual beli serta meningkatkan variasi dan kualitas barang dan jasa yang diperjual-belikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Wisata Religi, Ziarah, Potensi Ekonomi
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Aug 2023 08:01
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.