Hidayatullah, Masrul (2023) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Siswa di SMA Negeri 7. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210107_Cover.pdf Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210107_Lampiran Depan.pdf Download (961kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210107_BAB I.pdf Download (320kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210107_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (277kB) |
||
Teks
S_PAI_191210107_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (295kB) |
||
Teks
S_PAI_191210107_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (211kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210107_BAB V.pdf Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210107_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kurikulum 2013 merupakan hasil tindak lanjut pemerintah dalam menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 dilandasi oleh pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke 21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan, knowladge-based society dan kompetensi masa depan. Sebelum kurikulum 2013 diterapakan, haruslah memiliki perencaan, pelaksanaan dan evaluasi yang bertujuan untuk melihat apakah implementasi kurikulum tersebut sudah terlaksana dengan baik atau tidak. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunkan penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dengan hasil penelitian yang bersifat deskriptif menekankan pada kata bukan angka, selain jenis penelitian penulis melakukan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi analisis. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa (1) Implementasi Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Pandeglang sudah berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa faktor penghambat yang mempengaruhi proses pembelajaran. (2) Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Pandeglang telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat pada tahap perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan aturan-aturan pelaksanaan kurikulum 2013. Meskipun ada beberapa faktor yang menghambat dalam proses evaluasi, sehingga ada beberapa hal yang harus disempurnakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Kurikulum 2013, Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 22 Aug 2023 08:05 |
Perubahan Terakhir: | 22 Aug 2023 08:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13065 |
Actions (login required)
Lihat Item |