Efektivitas Penggunaan Media Pembeljran kitab Qomi’ut Tughyan Terhadap Hasil Belajar Aqidah Santri di Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Serang

Dewi, Silvy Yana (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pembeljran kitab Qomi’ut Tughyan Terhadap Hasil Belajar Aqidah Santri di Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210078_Cover.pdf

Download (163kB)
[img] Teks
S_PAI_191210078_Lampiran Depan.pdf

Download (962kB)
[img] Teks
S_PAI_191210078_BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Teks
S_PAI_191210078_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (541kB)
[img] Teks
S_PAI_191210078_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (501kB)
[img] Teks
S_PAI_191210078_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (794kB)
[img] Teks
S_PAI_191210078_BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Teks
S_PAI_191210078_Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui hasil belajar aqidah santri kelas eksperimen di Pondok Pesantren Al-Hikam 2) Untuk mengetahui hasil belajar aqidah santri kelas eksperimen di Pondok Pesantren Al-Hikam. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran kitab Qomi’ut Tughyan terhadap hasil belajar aqidah santri di Pondok Pesantren Al-Hikam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling. Pada penelitian ini Pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara random. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan berupa media pembelajaran kitab Qomi’ut Tughyan sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil belajar aqidah santri kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran kitab Qomi’ut Tughyan dengan nilai rata-rata 89,74 menunjukkan nilai lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yang yaitu 84,27. Hal ini ditunjukan dengan hasil Uji-t yang menghasilkan nilai signifikansi 0.70 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 sehngga H0 ditolak, dengan arti bahwa terdapat perbedaan, dan dari uji N-Gain yang diperoleh hasil akhir kelas eksperimen bernilai tinggi yaitu 78.96% dengan kriteria menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Qomi’ut Tughyan menggunakan media sangat efektif diterapkan di Pesantren. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kitab Qomi’ut Tughyan memberikan hasil yang lebih baik terhadap aktivitas belajar santri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran, kitab qomi’ut tughyan, hasil belajar aqidah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Aug 2023 07:24
Perubahan Terakhir: 22 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.