Pengembangan Media Diorama Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Di Sekolah Dasar Negeri Kentir

Purnamasari, Diana (2023) Pengembangan Media Diorama Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Di Sekolah Dasar Negeri Kentir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240025_Cover.pdf

Download (105kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240025_Lampiran Depan.pdf

Download (716kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240025_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (236kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (420kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_191240025_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240025_Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk yang berupa alat peraga pemblajaran yakni media diorama berbasis HOTS, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis HOTS, serta mengetahui pemahaman siswa terhadap materi siklus air dan soal HOTS serta meningkatkan rasa peraya diri siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode Researh And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang pelaksanaannya melalui lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Media pembelajaran diorama berbasis HOTS ini telah melakukan uji kelayakan melalui validasi oleh beberapa ahli diantaranya ahli media, ahli materi ahli bahasa dan praktisi pembelajaran. Media pembelajaran diorama berbasis HOTS ini juga diuji cobakan pada siswa kelas V SD Negeri Kentir. Data validasi dan data tingkat pemahaman seara kognitif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari uji kelayakan media diorama berbasis HOTS ini dapat dilihat bahwa validasi menurut ahli media mendapatkan nilai rata-rata 4,8 (96%) dengan kategori sangat layak. Menurut validasi ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4,5 (90%) dengan kategori sangat layak. Menurut validasi ahli bahasa mendapatkan nilai rata-rata 4,7 (94%) dengan kategori sangat layak. Dan menurut validasi praktisi pembelajaran 4,5 (90%) dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji coba lapangan memperoleh skor 4,13 dengan kategori sangat layak. Sedangkan nilai dari segi pemahamn siswa terhadap materi dan juga soal HOTS memperoleh nilai 83,7 dengan kategori sangat baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media diorama Berbasis HOTS, Pembelajaran IPA, Siklus Air
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Aug 2023 07:25
Perubahan Terakhir: 21 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.