Purnamasari, Diana (2023) Pengembangan Media Diorama Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Di Sekolah Dasar Negeri Kentir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240025_Cover.pdf Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240025_Lampiran Depan.pdf Download (716kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240025_BAB I.pdf Download (244kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240025_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (236kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240025_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (420kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240025_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240025_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240025_Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk yang berupa alat peraga pemblajaran yakni media diorama berbasis HOTS, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis HOTS, serta mengetahui pemahaman siswa terhadap materi siklus air dan soal HOTS serta meningkatkan rasa peraya diri siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode Researh And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang pelaksanaannya melalui lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Media pembelajaran diorama berbasis HOTS ini telah melakukan uji kelayakan melalui validasi oleh beberapa ahli diantaranya ahli media, ahli materi ahli bahasa dan praktisi pembelajaran. Media pembelajaran diorama berbasis HOTS ini juga diuji cobakan pada siswa kelas V SD Negeri Kentir. Data validasi dan data tingkat pemahaman seara kognitif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari uji kelayakan media diorama berbasis HOTS ini dapat dilihat bahwa validasi menurut ahli media mendapatkan nilai rata-rata 4,8 (96%) dengan kategori sangat layak. Menurut validasi ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4,5 (90%) dengan kategori sangat layak. Menurut validasi ahli bahasa mendapatkan nilai rata-rata 4,7 (94%) dengan kategori sangat layak. Dan menurut validasi praktisi pembelajaran 4,5 (90%) dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji coba lapangan memperoleh skor 4,13 dengan kategori sangat layak. Sedangkan nilai dari segi pemahamn siswa terhadap materi dan juga soal HOTS memperoleh nilai 83,7 dengan kategori sangat baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media diorama Berbasis HOTS, Pembelajaran IPA, Siklus Air |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Aug 2023 07:25 |
Perubahan Terakhir: | 21 Aug 2023 07:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13055 |
Actions (login required)
Lihat Item |