Retorika Dakwah Aang Ridwan melalui Media Sosial Youtube (Analisis pada Program KULKAS Kuliah Ringkas Episode 91, 92 dan 94)

Nururrohmi, Oktavia (2023) Retorika Dakwah Aang Ridwan melalui Media Sosial Youtube (Analisis pada Program KULKAS Kuliah Ringkas Episode 91, 92 dan 94). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510103_COVER.pdf

Download (302kB)
[img] Teks
S_KPI_191510103_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510103_BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Teks
S_KPI_191510103_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (689kB)
[img] Teks
S_KPI_191510103_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_KPI_191510103_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510103_BAB V.pdf

Download (378kB)
[img] Teks
S_KPI_191510103_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (633kB)

Abstrak

Faktor keberhasilan dalam berdakwah tentunya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, salah satunya adalah retorika. Karena setiap da'i memiliki pola dan karakter yang berbeda antara satu sama lain serta memiliki keistimewaannya masing-masing. Saat ini kegiatan dakwah sudah banyak berkembang untuk dilakukan melalui pemanfaatan media sosial dalam berinovasi, salah satunya daya tarik media YouTube. Pendakwah yang menggunakan YouTube sebagai media dakwah adalah Ustadz bernama lengkap Aang Ridwan yang aktif berdakwah di jejaring sosial. Ia membuat akun YouTube bernama Aang Ridwan Official dengan tim pengelola akun tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik retorika Ethos, Pathos dan Logos dalam retorika dakwah yang digunakan Ustadz Aang Ridwan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik retorika secara Ethos, Pathos dan Logos yang disampaikan dalam video dakwah Ustadz Aang Ridwan episode 91, 92 dan 94 program KULKAS “Kuliah Ringkas”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori retorika Aristoteles yang mengemukakan bahwa terdapat tiga pendekatan untuk menjustifikasi retorika yaitu ethos sebagai otoritas pendakwah, pathos yaitu, ketika pendakwah mengetahui keadaan emosi dan sifat mad’u, sedangkan logos yaitu, pesan yang disampaikan dapat diterima oleh akal dan pikiran, sehingga mudah dicerna. Hasil penelitian ini menunjukkan Ustadz Aang Ridwan dalam Ethos memiliki kepiawaian dalam menguasai materi, dan dapat dipercaya, daya tariknya adalah selalu berpenampilan casual, namun tetap menghargai kesopanan. Dalam Pathos, Ustadz Aang Ridwan selalu menampilkan wajah santai namun tetap terlihat tegap, serta gestur tubuh yang digunakan Ustadz Aang Ridwan konsisten. Dan terakhir, dalam Logos, Ustadz Aang Ridwan selalu menggunakan pemikiran logis dalam ceramahnya, rasional dan diterima akal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Retorika Dakwah, Youtube, Aang Ridwan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Aug 2023 02:11
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13045

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.