Nururrohmi, Oktavia (2023) Retorika Dakwah Aang Ridwan melalui Media Sosial Youtube (Analisis pada Program KULKAS Kuliah Ringkas Episode 91, 92 dan 94). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510103_COVER.pdf Download (302kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510103_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510103_BAB I.pdf Download (518kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510103_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (689kB) |
||
Teks
S_KPI_191510103_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (421kB) |
||
Teks
S_KPI_191510103_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510103_BAB V.pdf Download (378kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510103_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Faktor keberhasilan dalam berdakwah tentunya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, salah satunya adalah retorika. Karena setiap da'i memiliki pola dan karakter yang berbeda antara satu sama lain serta memiliki keistimewaannya masing-masing. Saat ini kegiatan dakwah sudah banyak berkembang untuk dilakukan melalui pemanfaatan media sosial dalam berinovasi, salah satunya daya tarik media YouTube. Pendakwah yang menggunakan YouTube sebagai media dakwah adalah Ustadz bernama lengkap Aang Ridwan yang aktif berdakwah di jejaring sosial. Ia membuat akun YouTube bernama Aang Ridwan Official dengan tim pengelola akun tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik retorika Ethos, Pathos dan Logos dalam retorika dakwah yang digunakan Ustadz Aang Ridwan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik retorika secara Ethos, Pathos dan Logos yang disampaikan dalam video dakwah Ustadz Aang Ridwan episode 91, 92 dan 94 program KULKAS “Kuliah Ringkas”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori retorika Aristoteles yang mengemukakan bahwa terdapat tiga pendekatan untuk menjustifikasi retorika yaitu ethos sebagai otoritas pendakwah, pathos yaitu, ketika pendakwah mengetahui keadaan emosi dan sifat mad’u, sedangkan logos yaitu, pesan yang disampaikan dapat diterima oleh akal dan pikiran, sehingga mudah dicerna. Hasil penelitian ini menunjukkan Ustadz Aang Ridwan dalam Ethos memiliki kepiawaian dalam menguasai materi, dan dapat dipercaya, daya tariknya adalah selalu berpenampilan casual, namun tetap menghargai kesopanan. Dalam Pathos, Ustadz Aang Ridwan selalu menampilkan wajah santai namun tetap terlihat tegap, serta gestur tubuh yang digunakan Ustadz Aang Ridwan konsisten. Dan terakhir, dalam Logos, Ustadz Aang Ridwan selalu menggunakan pemikiran logis dalam ceramahnya, rasional dan diterima akal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Retorika Dakwah, Youtube, Aang Ridwan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Aug 2023 02:11 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13045 |
Actions (login required)
Lihat Item |