Pemberitaan Pengarusutamaan Gender Equality and Social Inclusion (GESI) di Media Banten Pos (Analisis Wacana Model Teun A. Van Dijk)

Sharmila, Sharmila (2023) Pemberitaan Pengarusutamaan Gender Equality and Social Inclusion (GESI) di Media Banten Pos (Analisis Wacana Model Teun A. Van Dijk). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510017_COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Teks
S_KPI_191510017_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (495kB)
[img] Teks
S_KPI_191510017_BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_KPI_191510017_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img] Teks
S_KPI_191510017_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (131kB)
[img] Teks
S_KPI_191510017_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (546kB)
[img] Teks
S_KPI_191510017_BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Teks
S_KPI_191510017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstrak

Kesetaraan gender mengacu pada peran dan tanggung jawab sebagai perempuan dan sebagai laki-laki yang diciptakan dan terinternalisasi dalam kebiasaan dan kehidupan keluarga, dalam budaya dan masyarakat, termasuk harapan-harapan yang diinginkan bagaimana harusnya menjadi perempuan dan bagaimana menjadi seorang laki-laki, baik harapan atas sifat-sifatnya, sikap maupun perilakunya. Penyandang disabilitas adalah seseorang berkekurangan khusus pada bagian fisik ataupun mental. Penyandang disabilitas memiliki status, hak, tanggung jawab dan peran yang sama sebagai warga negara Indonesia, Potensi penyandang disabilitas yang cacat dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang diciptakannya. Rumusan masalah: 1). Bagaimana pemberitaan pengarusutamaan Gender Equality and Social Inclusion (Gesi) di Media Banten Pos pada tingkat struktur makro? 2). Bagaimana pemberitaan pengarusutamaan Gender Equality and Social Inclusion (Gesi) di Media Banten Pos pada tingkat superstruktur? 3). Bagaimana pemberitaan pengarusutamaan Gender Equality and Social Inclusion (Gesi) di Media Banten Pos pada tingkat struktur mikro?. Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberitaan pengarusutamaan Gender Equality and Social Inclusion (Gesi) di Media Banten Pos pada tingkat struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: dalam Peimbeiritaan peingarusutamaan geindeir eiquality and soicial inclusioin (gesi) di meidia Banten Pos pada tingkat Struktur Makroi (teimatik), Supeirtstruktur (skeimatik), dan Struktur Mikroi (Seimantik, Sintaksis, Stilistik, dan Reitoiris) yakni pada kesetraan gender pada perempuan dan penyandang disabilitas, dimana dari bulan Juni s/d Deiseimbeir tahun 2022 bagi kesetaraan gender pada perempuan dan penyandang disabilitas dari tahun kei tahun peirkeimbangannya seimakin meiningkat dari perempuan yang mengalami kekerasan pada kdrt dan bahwasannya kesetaraan gender ialah hak perempuan dan laki-laki, contoh peran laki-laki sebagai kepala rumah tangga, dan peran perempuan sebagai ibu rumah tangga. Jadi, memiliki hak masing-masing, seidangkan penyandang disabilitas adalah suatu kesenjangan yang belum memiliki keadilan sampai saat ini, setiap daerah belum memiliki peraturan akan kepedulian bagi penyandang disabilitas, sedangkan penyandang disabilitas ingin memiliki kehidupan seperti selayaknya orang normal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Wacana, Pemberitaan, Kesetaraan Gender, Penyandang Disabilitas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 08:19
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13030

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.