Penggunaan Game Online dan Perilaku Remaja (Studi di Lingkungan Tembulum, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon)

Munawar, Syahrul (2023) Penggunaan Game Online dan Perilaku Remaja (Studi di Lingkungan Tembulum, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_181510072_COVER.pdf

Download (135kB)
[img] Teks
S_KPI_181510072_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (462kB)
[img] Teks
S_KPI_181510072_BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_KPI_181510072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (470kB)
[img] Teks
S_KPI_181510072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (223kB)
[img] Teks
S_KPI_181510072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (383kB)
[img] Teks
S_KPI_181510072_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_KPI_181510072_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstrak

Di zaman yang modern ini, game online sudah tidak asing lagi di kaum remaja. Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau sering kita sebut dengan game online sudah menjamur dimana-mana. Hal ini didukung banyaknya game center di lingkungan sekitar, yang menawarkan harga yang terjangkau pada kaum remaja. Game center ini sendiri tidak seperti warnet, mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak dari pada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu ramai dikunjungi. Berdasarakan pengamatan dalam kegiatan pra-penelitian terhadap remaja di lingkungan Tembulum Kecamatan Pulomerak yang gemar bermain game online, mayoritas remaja malas dalam melaksanakan shalat, sering terlambat dalam melaksanakan shalat dan mengabaikan kaifiat dalam pelaksanaan ibadah shalat. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana intensitas penggunaan game online dikalangan remaja di Lingkungan Tembulum? 2) Bagaimana interaksi sosial penggunaan game online dikalangan remaja di Lingkungan Tembulum? 3) Bagaimana perilaku ibadah pengguna game online dikalangan remaja di Lingkungan Tembulum? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mengidentifikasi intensitas penggunaan game online dikalangan remaja di Lingkungan Tembulum. 2) Untuk mengidentifikasi interaksi sosial penggunaan game online dikalangan remaja di Lingkungan Tembulum. 3) Untuk mengidentifikasi perilaku ibadah pengguna game online dikalangan remaja di Lingkungan Tembulum. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu suatu penulisan yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya tentang objek yang diteliti, menurut keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian langsung. Agar diperoleh pengertian metode deskriptif yang lebih jelas. Setelah peneliti melakukan penelitian dan dianalisis serta diinterpretasikan dalam pembahasan, maka dapat disimpulkan sesuai dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Intensitas penggunaan game online dikalangan remaja adalah antusias remaja dalam bermain game sangat tinggi yang diperuntukan sebagai hiburan dan menambah wawasan yang lebih luas dalam hal teknologi, sedangkan game online juga dapat membawa para kaum remaja dalam kerugian karena banyak waktu yang terbuang sia-sia. serta membawa dampak buruk bagi kesehatan karena waktu yang digunakan untuk bermain game online sangat lama sekali. 2) Interksi sosial penggunaan game online dikalangan remaja adalah hubungan antar remaja yang dapat memperbanyak teman dengan bermain game online, akan tetapi dapat juga mengabaikan orang disekelilingnya, karena dengan bermain game online mereka enggan berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya. karena dengan bermain game online mereka enggan berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya dan cenderung mengabaikan pembicaraan dari orang tua. 3) Perilaku ibadah penggunaan game online dikalangan remaja adalahperilaku kaum remaja dalam bermain game online yang lalai dengan kegiatan ibadahnya, baik kepada sang penciptanya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penggunaan Game Online, Perilaku Remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 03:21
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.