Konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) pada Remaja Akhir yang Mengalami Trust Issue (Studi di Link. Sadik, Desa Pager Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten) (Studi di Link. Sadik, Desa Pager Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten)

Octavianti, Lisa (2023) Konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) pada Remaja Akhir yang Mengalami Trust Issue (Studi di Link. Sadik, Desa Pager Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten) (Studi di Link. Sadik, Desa Pager Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_ 191520034_COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
S_BKI_ 191520034_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (540kB)
[img] Teks
S_BKI_ 191520034_BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
S_BKI_ 191520034_BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (316kB)
[img] Teks
S_BKI_ 191520034_BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (207kB)
[img] Teks
S_BKI_ 191520034_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (301kB)
[img] Teks
S_BKI_ 191520034_BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Teks
S_BKI_ 191520034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstrak

Remaja adalah masa transformasi dari kehidupan anak-anak menuju kehidupan dewasa, dalam pertumbuhan menuju kehidupan dewasa seorang remaja akan mengalami berbagai macam konflik dan tekanan jiwa seperti konflik dengan orang tua, teman sebaya, lawan jenis, bahkan konflik dengan diri sendiri. Dari konflik-konflik yang terjadi pada remaja ternyata bisa berdampak negatif yaitu timbulnya perilaku trust issue. Di Link. Sadik, Desa Pager Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten terdapat tiga responden remaja akhir berinisial S,NA, dan M mengalami trust issue yang berdampak pada perilaku responden yang selalu berpikir jika orang lain akan menyakiti dirinya, merasa takut jika ada laki-laki yang mendekatinya, dan menjauhkan diri dari orang lain. Dari uraian tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga melakukan layanan konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu: 1) untuk mengetahui kondisi remaja akhir yang mengalami trust issue. 2) untuk menerapkan bagaimana konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dalam membantu remaja akhir yang mengalami trust issue. Dengan penerapan konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dapat diketahui pemicu trust issue dapat dibantah dengan menggambarkan bahwa masih banyak orang yang memiliki hati yang baik. Hasil penerapan konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) kepada tiga responden yang mengalami trust issue yaitu dua responden yang berinisial S dan NA dapat dikatakan berhasil karena dapat menunjukan perubahan perilaku trust issue nya, sedangkan responden yang berinisial M bisa dikatakan belum berhasil karena M masih belum bisa memaafkan ayahnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I :Ahmad Fadhil, Lc.,M.Hum. Pembimbing II:Dra. Eni Nuraeni, M.S.I.
Kata Kunci (keywords): emaja, trust issue, Konseling
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 11 Aug 2023 09:41
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.