Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Digitalisasi Produk Perbankan (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Serang)

Rahayu, Indah Rury (2023) Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Digitalisasi Produk Perbankan (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_171420011_Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Teks
S_PBS_171420011_Lampiran Depan.pdf

Download (603kB)
[img] Teks
S_PBS_171420011_BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Teks
S_PBS_171420011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (139kB)
[img] Teks
S_PBS_171420011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (127kB)
[img] Teks
S_PBS_171420011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (534kB)
[img] Teks
S_PBS_171420011_BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Teks
S_PBS_171420011_Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena adanya kekurangan yang diberikan dalam pelayanan perbankan, khususnya dalam pelayanan melalui produk digital. Di era yang serba digital ini menjadi tantantangan Bank Syariah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui produk digitalisasi perbankan. Adapun perumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana mekanisme pelayanan yang dilakukan oleh BSI KCP Serang kepada nasabah?, (2) Bagaimana dampak pelayanan yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui produk digitalisasi perbankan?, (3) Apa saja faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui produk digitalisasi perbankan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelayanan yang dilakukan oleh BSI KCP Serang kepada nasabah, (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak pelayanan yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui produk digitalisasi perbankan, (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung, penghambat, dan solusi yang dterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui produk digitalisasi perbankan. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT. Jenis data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyajian data dalam penelitian ini dilakukan secara naratif. Teknik validasi data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BSI KCP Serang telah memiliki SOP dan fasilitas-fasilitas layanan produk digital yang telah ditentukan oleh pusat. Sedangkan fasilitas-fasilitas fisik sudah lengkap dan beroperasi dengan baik. Selanjutnya layanan produk digital dapat diperoleh dengan mudah, murah, dan cepat dengan memiliki jaringan serta kuota internet sudah bisa mendapatkan layanan tersebut. Adapun dampak pelayanan yang diterapkan melalui produk digitalisasi perbankan memberikan nilai positif bagi nasabah, pegawai maupun BSI KCP Serang. Adapun faktor pendukungnya adalah untuk layanan produk digital sudah memadai dan beroperasi dengan baik, kemudian adanya fasilitas wifi yang mana bisa memudahkan aktivitas kerja pegawai dan juga nasabah yang datang ke kantor bank. Faktor penghambat di dalam pelayanannya ada pada faktor internal yang mana adanya maintenance system sehingga terhambatnya aktivitas transaksi nasabah yang menggunakan layanan produk digital. Kemudian untuk solusinya adalah pihak bank melapor ke kantor pusat terkait kendala yang terjadi. Tetapi, tidak lama akan normal kembali sistemnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kualitas Pelayanan, Produk Digitalisasi Perbankan
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Aug 2023 04:47
Perubahan Terakhir: 11 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12984

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.