Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menyusun Paragraf Dengan Strategi Know Want Learn (KWL) PTK di Kelas III di SDN Wanagiri I Kec. Saketi Kab. Pandeglang

Hasanah, Urfatul (2023) Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menyusun Paragraf Dengan Strategi Know Want Learn (KWL) PTK di Kelas III di SDN Wanagiri I Kec. Saketi Kab. Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_161240054_Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240054_Lampiran Depan.pdf

Download (414kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240054_BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (172kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (179kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (241kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240054_BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240054_Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menyusun paragraf dengan menggunakan model pembelajaran KWL (Know Want Learn). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penellitian Tindakan Kelas, Model Kemmis & Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran KWL (Know Want Learn) pada pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun paragraf siswa kelas III SDN Wanagiri I dapat terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa dilihatdari nilai rata-rata prasiklus sebelum menggunakan model pembelajaran Know Want Learn (KWL) sebesar 51,66 dengan presentase ketuntasan 20%, siklus I setelah menggunakan model Know Want Learn (KWL) meningkat menjadi 65,33 dengan presentase ketuntasan 53,32% dan siklus II meningkat menjadi 79,66 dengan presentase ketuntasan 73,3%. Sedangkan untuk aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan Know Want Learn (KWL) sekitar 75% siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Know Want Learn (KWL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menyusun paragraf.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Menyusun Paragraf, Bahasa Indonesia, Model Know Want Learn (KWL)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2023 03:19
Perubahan Terakhir: 10 Aug 2023 03:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12931

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.