Hasanah, Urfatul (2023) Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menyusun Paragraf Dengan Strategi Know Want Learn (KWL) PTK di Kelas III di SDN Wanagiri I Kec. Saketi Kab. Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240054_Cover.pdf Download (96kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240054_Lampiran Depan.pdf Download (414kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240054_BAB I.pdf Download (113kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240054_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (172kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240054_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (179kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240054_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (241kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240054_BAB V.pdf Download (73kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240054_Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menyusun paragraf dengan menggunakan model pembelajaran KWL (Know Want Learn). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penellitian Tindakan Kelas, Model Kemmis & Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran KWL (Know Want Learn) pada pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun paragraf siswa kelas III SDN Wanagiri I dapat terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa dilihatdari nilai rata-rata prasiklus sebelum menggunakan model pembelajaran Know Want Learn (KWL) sebesar 51,66 dengan presentase ketuntasan 20%, siklus I setelah menggunakan model Know Want Learn (KWL) meningkat menjadi 65,33 dengan presentase ketuntasan 53,32% dan siklus II meningkat menjadi 79,66 dengan presentase ketuntasan 73,3%. Sedangkan untuk aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan Know Want Learn (KWL) sekitar 75% siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Know Want Learn (KWL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menyusun paragraf.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Menyusun Paragraf, Bahasa Indonesia, Model Know Want Learn (KWL) |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 10 Aug 2023 03:19 |
Perubahan Terakhir: | 10 Aug 2023 03:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12931 |
Actions (login required)
Lihat Item |