Manajemen Perkantoran Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan Di SMP Negeri 7 Kota Serang

Pitriyani, Ripa (2023) Manajemen Perkantoran Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan Di SMP Negeri 7 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_191250020_Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
S_MPI_191250020_Lampiran Depan.pdf

Download (547kB)
[img] Teks
S_MPI_191250020_BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Teks
S_MPI_191250020_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (795kB)
[img] Teks
S_MPI_191250020_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
S_MPI_191250020_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (405kB)
[img] Teks
S_MPI_191250020_BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_MPI_191250020_Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB)

Abstrak

Manajemen perkantoran merupakan pengelolaan dan penataan yang baik bagi sekolah untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, perkantoran sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan pelayanan administrasi demi kelancaran pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen perkantoran di SMPN 7 Kota Serang. Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan pelayanan administrasi pendidikan di SMPN 7 Kota Serang. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen perkantoran dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMPN 7 Kota Serang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, staf tata usaha, guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini, Pertama adalah tahapan manajemen perkantoran yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan semua dilakukan dengan baik hanya tahap pengorganisasian yang belum dilaksanakan dengan maksimal dikarenakan kurangnya sumber daya manusia pada staf tata usaha sehingga banyak yang merangkap pekerjaan atau jabatan. Kedua adalah Bentuk pelaksanaan pelayanan administrasi pendidikan di SMPN 7 Kota Serang meliputi urusan administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi sarana dan prasarana, administrasi kehumasan, administrasi persuratan, administrasi kesiswaan dan administrasi kurikulum. Dilihat dari tugasnya, pelaksanaan pelayanan administrasi di SMPN 7 Kota Serang dikategorikan sudah memuaskan hal ini dibuktikan dalam pelayanan administrasi persuratan. Dari staf tata usaha yang tanggap dengan pelayanan tersebut, guru dan siswa tidak menunggu lama. Dalam pelayanan administrasi kehumasan yakni sarana komunikasi yang baik dalam menyampaikan informasi kepada guru dan siswa. Staf tata usaha sangat handal dalam pengaplikasian komputer, dan juga daya tanggap merespon dengan cepat pada setiap guru dan siswa yang membutuhkan pelayanan, serta jaminan yang meliputi staf tata usaha memberikan pelayanan sesuai dengan janji dan tidak bertele-tele, dan staf tata usaha memberikan empati kepada setiap siswa yang membutuhkan pelayanan. Ketiga adalah faktor pendukung manajemen perkantoran dalam meningkatkan pelayanan pendidikan sudah mempunyai kemampuan pengalaman kerja, adanya dukungan dari kepala sekolah, guru-guru dan masyarakat sekolah serta sudah difasilitasi sarana dan prasarana yang memadai. Untuk faktor penghambat manajemen perkantoran dalam meningkatkan pelayanan pendidikan yaitu kurangnya sumber daya manusia staf tata usaha, dan kurangnya staf tata usaha yang berstatus PNS serta kurangnya pelatihan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Perkantoran, Pelayanan Administrasi Pendidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 08:20
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 08:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12922

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.