I’jāz ‘Adadī dalam Konsep Keseimbangan Matematis Angka 7 dalam Al Qur’ān (Studi Pemikiran ‘Abdel Da’im Al Kaheel)

Wahid, Wahyu Muhammad Abdul (2023) I’jāz ‘Adadī dalam Konsep Keseimbangan Matematis Angka 7 dalam Al Qur’ān (Studi Pemikiran ‘Abdel Da’im Al Kaheel). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_181320090_Cover.pdf

Download (172kB)
[img] Teks
S_IAT_181320090_Lampiran Depan.pdf

Download (774kB)
[img] Teks
S_IAT_181320090_Bab I.pdf

Download (322kB)
[img] Teks
S_IAT_181320090_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (5MB)
[img] Teks
S_IAT_181320090_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (319kB)
[img] Teks
S_IAT_181320090_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_181320090_Bab V.pdf

Download (123kB)
[img] Teks
S_IAT_181320090_Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB)

Abstrak

Sejarah i’jāz ‘adadī itu sendiri ada dimulai pada masa pemerintahan ‘Abdul Mālik Marwān, ia adalah khalifah yang berusaha menghitung huruf, ayat dan huruf al-Qurān. Kajian ini kemudian berkembang sehingga lahir para kritikus yang menuliskan awal setiap huruf, dengan menyebutkan jumlah huruf, kata serta ayat dalam surat tersebut, seperti Marāḥ Labīd karangan Imām Muhammad Nawāwī al-Jāwi al-Bantānī, dan kemudian mempelajari huruf muqaṭṭa’ah, menurut mufassirin menyebutkan bahwa Huruf muqaṭṭa’ah itu bersifat unik, istimewa dan terkait dengan huruf sebelumnya. Berdasarkan pada latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Konsep I’jāz ‘adadī dalam 'Ulūmul Qurān? 2. Bagaimana bentuk-bentuk Angka 7 dalam Al-Qur’ān menurut ‘Abdel Da’im Al Kaheel? Dan adapun tujuan Penelitian ini adalah : 1. Menambah wawasan keilmuan islam dalam kajian tafsir tentang I’jāz ‘Adadī, 2. Untuk mengetahui bentuk-bentuk Angka 7 dalam Al-Qur’ān menurut ‘Abdel Da’im Al Kaheel Metode penelitian yang digunakan adalah Kepustakaan, yaitu penelitian difokuskan pada studi pustaka yang menjadikan buku-buku, skripsi, jurnal atau hasil penelitian lainnya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis/Tematik. Metode ini sebagai suatu pendekatan dengan menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan tema yang dimaksud dan kemudian dianalisis untuk memperoleh penilaian dan kajian yang kritis dan obyektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa kajian i’jāz ‘adadī dalam 'Ulūmul Qurān merupakan hal yang baru. Oleh karena itu, banyak kelebihan dan kekurangan pengungkapan i’jāz ‘adadī dalam al-Qurān. Menanggapi pro dan kontra dari i’jāz ‘adadī, kita tidak boleh menarik kesimpulan apriori atau tergesa-gesa. Menurut penulis, kedua kelompok Muslim ini memiliki tujuan yang sangat baik untuk melindungi al-Qurān. maka sudah sepantasnya kita terus mengaji dan mengkaji pembahasan/penelitian ini. Jadi akhirnya metode yang baik itu lahir tanpa ada kesalahan. Walaupun ijtihad tidak terlepas dari kesalahan, semoga itu tetap dinilai sebagai sebuah kebaikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): I’jāz ‘Adadī, 'Ulūmul Qurān, Angka 7
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 03:51
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 03:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12900

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.