Telaah Ayat-Ayat Pamer Harta dalam al-Qur'ān (Studi Komparatif Tafsir Jāmi' al- Bayān Fī Ta'wīl al-Qur'ān Karya Imām Aṭ- Tabarī dan Tafsir al-Manār Karya Muḥammad Abduh)

Septiani, Lutfiyah Aspita (2023) Telaah Ayat-Ayat Pamer Harta dalam al-Qur'ān (Studi Komparatif Tafsir Jāmi' al- Bayān Fī Ta'wīl al-Qur'ān Karya Imām Aṭ- Tabarī dan Tafsir al-Manār Karya Muḥammad Abduh). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320027_Cover.pdf

Download (253kB)
[img] Teks
S_IAT_191320027_Lampiran Depan.pdf

Download (891kB)
[img] Teks
S_IAT_191320027_Bab I.pdf

Download (711kB)
[img] Teks
S_IAT_191320027_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (708kB)
[img] Teks
S_IAT_191320027_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (805kB)
[img] Teks
S_IAT_191320027_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (956kB)
[img] Teks
S_IAT_191320027_Bab V.pdf

Download (375kB)
[img] Teks
S_IAT_191320027_Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstrak

Pamer Harta merupakan perilaku menunjukkan atau memamerkan kekayaan serta memiliki barang-barang mewah dengan tujuan untuk menarik perhatian atau memperlihatkan status sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan telaah terhadap ayat-ayat pamer harta dalam Al-Qur'an dengan menggunakan pendekatan studi komparatif pada tafsir Jāmi' al-Bayān Fī Ta'wīl al-Qur'ān karya Imām Aṭ- Tabarī dan tafsir al-Manār karya Muḥammad „Abduh. Tafsir Jāmi' al-Bayān Fī Ta‟wīl al-Qur‟ān cenderung lebih fokus pada penjelasan makna secara literal dan sejarah, sedangkan tafsir al-Manār cenderung lebih menekankan pada implikasi sosial dan moral dari ayat-ayat tersebut. Meskipun demikian, keduanya memiliki kesamaan dalam memberikan pandangan bahwa kekayaan tidak boleh dipamerkan dan harus digunakan untuk kebaikan bersama. Penelitian ini menunjukkan bahwa kedua tafsir memberikan pemahaman yang sama tentang larangan memamerkan harta, namun terdapat perbedaan dalam penggunaan metode tafsir dan pendekatan dalam menjelaskan makna ayat-ayat tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pandangan Al-Quran tentang harta kekayaan? 2). Apa saja klasifikasi ayat-ayat yang menjelaskan pamer harta? 3). Bagaimana penafsiran dan pandangan Imam Aṭh- Thabarī dan Muḥammad „Abduh dalam bentuk-bentuk pamer harta? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pandangan Al-Quran tentang harta kekayaan 2). Untuk mengetahui ayat-ayat yang menjelaskan pamer harta dan 3) untuk mengetahui penafsiran dan pandangan Imam Aṭh- Thabarī dan Muḥammad „Abduh dalam bentuk-bentuk pamer harta. Dalam skripsi ini metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis, kualitatif (library Research) yaitu mempelajari buku-buku referensi dan hasil penelitian sejenis sebelumnya yang pernah dilakukan oleh orang lain, jurnal-jurnal maupun artikel yang membahas permasalahan pamer harta, Sumber primer dalam skripsi ini adalah tafsir Jāmi‟ al- Bayān Fī Ta‟wīl al-Qur‟ān Karya Imām Aṭ- Tabarī danTafsir al-Manār karya Muḥammad „Abduh, sumber sekunder dari penelitian ini adalah yang berhubungan langsung dengan permasalahan pamer harta. Kesimpulan yang dapat ditarik, memberikan penjelasan umum tentang pamer harta dalam tafsir Jāmi‟ al- Bayān Fī Ta‟wīl al-Qur‟ān dan Tafsir al-Manār ialah: pandangan Al-Qur‟an terhadap pamer harta menyatakan bahwa orang yang pamer harta dan kedudukan mereka tidak dihargai oleh Allah. Dalam beberapa ayat, al-Quran mengecam perilaku orang yang memamerkan harta mereka sebagai tindakan sombong dan mengabaikan kepentingan orang lain. Adapun klasifikasi ayat nya terdiri dari 10 surah tetapi yang lebih spesifik terdapat 3 surah yaitu Qs. Al-Baqarah (2): 264, Qs. Al- Anfal (8): 47, Qs. An-Nisā (4): 38.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pamer Harta, Al-Qur’an, Masyarakat
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 03:06
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12894

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.