Juliana, Siti Dena (2023) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMA Negeri 11 Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210189_Cover.pdf Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210189_Lampiran Depan.pdf Download (591kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210189_BAB I.pdf Download (262kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210189_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (454kB) |
||
Teks
S_PAI_171210189_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (413kB) |
||
Teks
S_PAI_171210189_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (565kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210189_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210189_Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam?, 2). Bagaimana pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam? Dan penelitian ini bertujuan 1) Untuk dapat mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. 2) Untuk dapat mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Desain). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMAN 11 Kota Tangerang. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata Pendidikan agama islam. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 77 siswa. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol maka sampel yang digunakan penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Prurposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif . Hasil penelitian dan analisis data, bahwa metode resitasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Sedangkan, hasil olahan data, yang diperoleh hasil uji-t diperoleh t hitung sebesar 3,140 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi dengan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMAN 11 Kota Tangerang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengaruh, Metode Resitasi, Kemandirian Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 07 Aug 2023 06:14 |
Perubahan Terakhir: | 07 Aug 2023 06:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12873 |
Actions (login required)
Lihat Item |