Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMA Negeri 11 Kota Tangerang)

Juliana, Siti Dena (2023) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMA Negeri 11 Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210189_Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_PAI_171210189_Lampiran Depan.pdf

Download (591kB)
[img] Teks
S_PAI_171210189_BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Teks
S_PAI_171210189_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (454kB)
[img] Teks
S_PAI_171210189_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_PAI_171210189_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (565kB)
[img] Teks
S_PAI_171210189_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_PAI_171210189_Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam?, 2). Bagaimana pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam? Dan penelitian ini bertujuan 1) Untuk dapat mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. 2) Untuk dapat mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Desain). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMAN 11 Kota Tangerang. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata Pendidikan agama islam. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 77 siswa. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol maka sampel yang digunakan penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Prurposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif . Hasil penelitian dan analisis data, bahwa metode resitasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Sedangkan, hasil olahan data, yang diperoleh hasil uji-t diperoleh t hitung sebesar 3,140 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi dengan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMAN 11 Kota Tangerang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengaruh, Metode Resitasi, Kemandirian Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Aug 2023 06:14
Perubahan Terakhir: 07 Aug 2023 06:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.