Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Berbasis Aplikasi Who wants to be a millionaire terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Khotbah, Tablig, dan Dakwah

Saepulloh, Asep (2023) Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Berbasis Aplikasi Who wants to be a millionaire terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Khotbah, Tablig, dan Dakwah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210152_Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (782kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (624kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (642kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB)

Abstrak

Model pembelajaran kooperatif berbasis aplikasi who wants to be millionere memiliki daya tarik tersendiri dalam pembelajaran, karena terdapat kerja kelompok berbentuk permainan didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis aplikasi who wants to be a millionaire terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi khotbah, tablig, dan dakwah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode penelitian yang dipergunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain pada suatu kondisi yang terkendalikan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis who wants to b a millionaire berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi khutbah, tablig dan dakwah. Hal ini ditunjukkan pada nilai posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai sig 0,019 < 0,05 sehingga diambil keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, Model pembelajaran kooperatif berbasis aplikasi who wants to be millionere berhasil memberikan pengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi khutbah, tabligh dan dakwah kelas XI SMAN 1 Kragilan Kabupaten Sarang. Hal ini juga diperkuat dengan uji effect size, berdasarkan uji effect size menghasilkan persentase pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis aplikasi who wants to be a millionaire terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi khutbah, tabligh dan dakwah sebesar 56%, sisanya dipengaruhi variabel lain sebesar 44%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembejaran Kooperatif, Aplikasi Who Wants To Be Millionere, Kemampuan Kognitif, Materi Khutbah, Tabligh Dan Dakwah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Aug 2023 04:36
Perubahan Terakhir: 07 Aug 2023 04:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12872

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.