Penyucian Jiwa Santri Melalui Tradisi Riyāḍah (Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bani Rija)

Suherman, Ahmad (2023) Penyucian Jiwa Santri Melalui Tradisi Riyāḍah (Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bani Rija). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AFI_181310014_COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_AFI_181310014_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (762kB)
[img] Teks
S_AFI_181310014_BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Teks
S_AFI_181310014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img] Teks
S_AFI_181310014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (574kB)
[img] Teks
S_AFI_181310014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (481kB)
[img] Teks
S_AFI_181310014_BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Teks
S_AFI_181310014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Penyucian jiwa dalam kehidupan manusia sangat berpengaruh dalam membina perjalanan keimanan maka dari pada itu jiwa yang buruk perlu adanya penyucian jiwa. untuk itu salah satu media sandaran hati dan jiwa adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang mensucikan jiwa manusia dari sifat hayawanat atau tazkiyatun nafs. Karena tazkiyyatun nafs sangat berperan penting bagi pola gerak yang bisa membangkitkan sesuatu kegiatan atau perbuatan diri manusia sehingga, teraturnya segala tingkah laku serta dapat mengarahkan manusia pada satu tujuan, yaitu memiliki jiwa yang senantisa melatih jiwanya untuk perbuatan-perbuatan yang berkhlak mulia. Oleh karena itu agar jiwa manusia dapat di aktifkan dengan menimbulkan perbutan-perbuatan akhlak mulia serta meminimalisir akhlak-akhlak yang buruk, maka dari pada itu mesti melakukan tazkiyyatun nafs dengan menerapkan kegiatan Riyāḍah. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Apa saja kegiatan tradisi Riyāḍah yang dapat menyucikan jiwa santri di pondok pesantren Nurul Hidayah Bani Rija Bojonegara? 2). Bagaiamana implementasi Riyāḍah sebagai metode tazkiyatun nafs? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untunk mengetahui kegiatan tradisi Riyāḍah yang dapat menyucikan jiwa santri di pondok Pesantren Nurul Hidayah Bani Rija Bojonegara, 2). Untuk mengetahui implementasi Riyāḍah sebagai metode tazkiyatun nafs. Model penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif, sosiologi, antropologi lalu sumber data yang di gunakan yaitu: sumber data primer dan sekunder, kemudian di posisi lain pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun hasil temuan dari penelitian ini, terdapat kegiatan-kegiatan santri yang dapat menyucikan jiwa santri melalui Riyāḍah, yakni: Riyāḍah Maḥallul Qiyām, Riyāḍah ṣalat sunah tahajud, Riyāḍah Dalāil Khairāt, Riyāḍah Puasa senin kamis dan Riyāḍah khusus yaitu seperti hizib, mengamalkan ayat-ayat al-Qur‟ān serta żikir-żikir Riyāḍah padang ati.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tazkiyyatun nafs, Riyāḍah, Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bani Rija, Santri
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 09:30
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 09:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.